Sekretaris Badan PPSDMP Lakukan Pembinaan Pejabat Administratror dan Pengawas BBPP Batu

0
50

Malang | Jurnal Inspirasi

Kegelisahan kita menghadapi perubahan, bisa jadi karena tidak hanya perubahan akan memengaruhi kita sebagai individu namun juga akan memengaruhi dinamika di dalam institusi. Kita sadar bahwa organisasi ini merupakan ikatan dari individu-individu yang memiliki tujuan bersama. Akan tetapi, seringkali kita lupa dan mengabaikan elemen yang ada didalamnya.

Barangkali harus ada kesepakatan bahwa baik dan buruknya kinerja organisasi, akan ditentukan oleh kualitas manusianya. Sangat mengherankan jika sumber daya manusia dan dinamikanya diabaikan. Padahal, untuk memastikan organisasi dapat berkinerja sangkil dan mangkus kondisi individu perlu diperhatikan.

Demikian kata pembuka dari Sekretaris Badan PPSDMP, Dr. Ir. Siti Munifah M.Si, pada saat melakukan pembinaan terhadap pejabat administrator dan pengawas BBPP Batu, usia melakukan pembukaan sertifikasi profesi bidang penyuluh pertanian level Fasilitator gelombang ke-3 angkatan 7 dan 8, Sabtu (7/11).

Munifah melanjutkan, ketika individu di dalam organisasi dapat bekerja secara tenang, kemudian memahami peran serta fungsinya, saling bersinergi, saling melengkapi, saling menghargai, ini buah dari komunikasi yang sudah terbangun dan sudah pasti target yang ditentukan akan dapat tercapai.

Para pejabat administrator dan pengawas memiliki tantangan besar untuk menggerakkan individu-individu yang berbeda, tentu saja untuk mampu menggerakan individu untuk adaptif dengan lingkungan, saling melengkapi serta siap berkolaborasi dengan individu lain, kita harus mampu memberi aura positif jika itu dilakukan maka kita akan dapat banyak kontribusi, daripada bila kita memiliki sikap awal yang berbeda.

Lebihlanjut sekretaris Badan PPPSDMP mengamanatkan bahwa target Presiden dalam penggunaan dana APBN adalah 90% sementara Kementerian Pertanian memberikan target serapan 92%, kita BPPSDMP memberi target 93 % untuk setiap UPT.
kita perlu bekerja dengan sungguh-sungguh, sekuat daya dan tenaga, penuh semangat, pantang menyerah untuk mencapai hasil terbaik, gunakan waktu secara efektif sehingga masih memiliki waktu dan energi untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan yang lainnya. Namun harus tetap dalam koridor yang benar jika masih ada temuan yang belum terselesaikan segera selesaikan.

Sebelum mengakhiri, Siti Munifah mengingatkan kembali dengan kata-kata bijaknya, jika kita ingin sukses, maka bekerjalah dengan penuh semangat, gunakan akal dan ilmu dalam bekerja dan bekerja sampai tuntas serta penuh keikhlasan, dengan begitu seberat apapun pekerjaan kita, pasti akan terasa ringan serta berhasil baik dan maksimal.

** T2S/Wan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here