28.8 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

PPMKP Gelar Donor Darah dengan Protokol Pencegahan Covid-19

Ciawi | Jurnal Inspirasi

Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi Bogor melalui Tim klinik kesehatan  bersama Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor menggelar kegiatan donor darah, Jumat (6/11).

Kegiatan donor dilakukan dalam protokol pencegahan COVID-19 sejak awal. Pemeriksaan awal dilakukan dengan tambahan item pemeriksaan yakni rapid test dan pemeriksaan golongan darah serta pengisian form deteksi dini Covid 19. Hanya pendonor yang telah terseleksi kesehatannya, yang kemudian diambil darahnya.

Pemandangan berbeda tampak saat pelaksanaan kegiatan ini. Dimasa pandemik ini semua petugas menggunakan masker, sarung tangan dan baju dinas.   Selain itu posisi pengambilan darah dilakukan berjarak dan penyemprotan desinfektan pada bantal dan tempat tidur setiap pendonor  selesai diambil darah.

Dokter Klinik PPMKP Ciawi Bogor Fery Haki  menjelaskan pihaknya tetap menjalankan donor darah meski tengah dalam pandemi. Hal ini sejalan dengan komitmen PPMKP yang rutin melaksanakan donor darah setiap tiga bulan sekali.

“Selain aktivitas rutin,  donor darah kali ini adalah untuk membantu PMI menyediakan stok darahnya untuk transfusi,” jelasnya.

Pada aksi ini terkumpul sebanyak 14 kantong darah untuk membantu PMI memenuhi kebutuhan darah masyarakat. Dari 16 pendonor ada nama  Kepala PPMKP Yusral Tahir turut mendonorkan darahnya.

Aksi donor darah PPMKP Ciawi Bogor telah berlangsung sejak tahun 2017 dengan melibatkan pegawai dan masyarakat sekitar sebagai pendonor. Jika pada saat bersamaan sedang berlangsung pelatihan maka peserta pelatihan pun diajak menjadi pendonor.

 Ini mencerminkan komitmen rasa kemanusiaan setiap pekerja PPMKP Ciawi Bogor dalam kehidupan bermasyarakat,” kata Fery Haki.

** Regi/PPMKP

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles