32.2 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Cihideung Udik Kembangkan Rangginang Mini

Ciampea | Jurnal Inspirasi

Masa pandemi Covid-19, Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea mengembangkan desa wisata. Salah satunya dengan mengembangkan produk UMKM Rangginang Mini Ciherang Udik (Cihud). Rangginang mini ini dipasarkan di wilayah dan online. Rangginang Mini Cihud memiliki aneka varian rasa seperti keju, barbeque, balado, jagung manis, dan original.

Ketua Desa Wisata Cihideung Udik Yogi Sanjaya mengatakan, di tengah pademi banyak para pelaku UMKM yang guling tikar. Tentunya, hal tersebut tidak menghentikan niat tim desa wisata dalam mengembangkan UMKM. Tentunya dalam mendongkrak perekonomian warga lewat inovasi dengan mengembangkan produk Rangginang Mini Cihud.

“Biasanya Rangginang dibuat dengan bentuk yang besar, kali ini kita berinovasi membuat mini dengan varian berbagai rasa,” kata Yogi Sanjaya, Selasa (3/11).

Yogi menambahkan untuk pembuatan Rangginang ada tingkat kerumitan tersendiri. Hal tersebut di sebabkan, ukuran dengan diameter 5 Cm. Selain itu, Rangginang juga harus dijemur di suhu yang panas agar lebih renyah. Sedangkan bahan baku utamanya yakni beras ketan berasal dari petani Desa Cihideung Udik.

“Satu kemasan Rangginang Mini Cihud yang berisi 12 Rangginang dijual Rp 10 ribu. Intinya, kita membuat Rangginang Mini bisa diminati semua kalangan dan kearifan lokalnya tetap dijaga,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Cihideung Udik, Deny menuturkan, di tengah pandemi Covid-19, Pemdes Cihideung Udik terus mengenjot pengembangan desa wisata. Selain Bendungan Cihud, dan Kampung Wisata, saat ini tengah dilakukan pengembangan UMKM yakni Rangginang Mini.

“Rangginang Mini Cihud yang dikelola oleh Tim Desa Wisata dengan menggadeng kader PKK Desa,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya pengembangan desa wisata bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Cihud.  “Selain Rangginang, bakal mengembangkan juga Kembang Goyang, Dodol Bambu Cihud dan Bajigur,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles