BLT UMKM Minim Sosialisasi, Devie: Banyak Warga yang Belum Tahu

0
137

Bogor | Jurnal Inspirasi

Anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor, Devie P. Sultani mendatangi RW 08, Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat pada Selasa (3/11/2020). Kedatangan politisi Nasdem itu tak lain untuk memastikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) sebesar Rp2,4 juta tersalurkan dengan baik.

“Saya ingin memastikan apakah bantuan itu sudah didapat oleh pelaku UMKM yang mengajukan. Di Kelurahan Menteng ada 16 pelaku UMKM yang mendaftar, tetapi baru 12 orang yang mendapat bantuan. Tadi juga saya usulkan delapan UMKM lagi untuk dapat menerima BLT,” ujar Devie kepada wartawan.

Menurut Devie, sosialisasi program BLT UMKM masih sangat minim. Sebab, banyak warga yang belum mengetahui perihal adanya bantuan tersebut.

“Memang sosialisasi masih minim. Banyak pelaku UMKM yang belum tahu soal ini (BLT UMKM), termasuk apa saja persyaratannya. Mereka juga bingung mau daftar kemana,” kata Devie.

Devie mengaku bahwa ia banyak mendapat keluhan dari pelaku UMKM yang gagal mendapat bantuan. Padahal, telah mendaftar sebagai penerima BLT.

“Iya, ada yang ngeluh kenapa saya sudah daftar, tetapi tidak mendapat bantuan. Ternyata, ada persyaratan yang terlewatkan seperti pemohon BLT tidak boleh memiliki cicilan di lembaga keuangan. Ini karena minimnya sosialisasi, makanya hampir setiap hari saya selalu sosialisasikan mengenai program itu ke warga,” ungkapnya.

Atas dasar itu, ia meminta agar aparatur wilayah gencar mensosialisasikan mengenai BLT tersebut kepada warga, khususnya pelaku UMKM.

Lebih lanjut, kata Devie, sejak program BLT UMKM digulirkan oleh pemerintah pusat, ia telah mengusulkan kurang lebih 100 pelaku UMKM agar dapat menerima BLT. “Alhamdullilah 80 persennya sudah cair,” ungkapnya.

Sementara itu, pemerintah pusat mengambil kebijakan memperpanjang pendaftaran penerima BLT UMKM hingga pekan kedua November 2020. Hingga 16 Oktober 2020 Di Kota Bogor kurang lebih sekitar 46 ribu UMKM, dengan total kuota mencapai 50 ribuan data.

Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here