Pohon Tumbang Lukai 4 Orang dan Rusak 1 Mobil

0

Bogor | Jurnal Inspirasi

Bencana pohon tumbang kembali menghantui Kota Bogor. Senin (2/11) sebanyak 4 titik di Kota Bogor yang mengalami pohon tumbang. Titik pertama terjadi di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor, tepatnya dekat kantor BPJS. Titik kedua, terjadi di Jalan Ir. H. Djuanda, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor samping rumah makan cepat saji Mcdonalds.

Ketiga terjadi di Jalan Dadali, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor samping Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bogor. Sedangkan titik terakhir terjadi di Kampung Tajur, RT 03 RW 06, Kelurahan Pakuan, Bogor Selatan Kota Bogor.

Akibat dari peristiwa itu, sebanyak empat orang mengalami luka-luka dan satu unit mobil Daihatsu Terios hitam bernomor polisi F 1372 EC rusak dihantam batang pohon. Dua orang dari empat orang tertimpa pohon beringin di Jalan Ir. H. Djuanda saat sedang melintas mengendarai sepeda motor.

Farid, salah seorang satpam Bank Mega yang ada di lokasi kejadian mengatakan, peristiwa pohon tumbang terjadi sekitar 12.28 WIB. “Angin kencang banget. Padahal nggak ada hujan,” ujarnya kepada wartawan.

Menurut dia, kedua korban pohon tumbang itu langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapat pertolongan. “Sepertinya luka memar dibawa pakai angkot tadi ke RSUD Kota Bogor,” ucapnya.

Sementara itu, dua orang lainnya tertimpa pohon di Jalan Ahmad Yani tepatnya di depan kantor BPJS Kesehatan.  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Priyatna Samsah mengatakan bahwa satu dari dua orang yang menjadi korban pohon tumbang di Jalan Ahmad Yani merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Tertimpa pohon kenari. Untuk yang ASN mengalami luka lecet dk kepala, lutur serta kaki kanan. Sedangkan korban lainnya mengalami patah tulang tangan kiri, korban langsung dibawa ke RS. Salak Bogor untuk penanganan lebih lanjut,” katanya.

Ia menuturkan, kejadian sedang terjadi saat hujan deras sekira pukul 08.00 WIB. “Upaya yang dilakukan Assessment dan Penanganan Darurat oleh TRC – PB BPBD. unsur yang terlibat, Dinas Pertamanan Kota Bogor, Pihak Kecamatan Tanah Sareal, Pihak Kelurahan Tanah Sareal, Babinkamtibmas, Polsek Tanah Sareal, Dishub Kota Bogor, Park Ranger. Kondisi saat ini penanganan pohon tumbang selesai dilaksanakan,” paparnya.

Terpisah, Nugraha (26), pemilik mobil Terios mengatakan, saat kejadian ia sedang makan siang. “Saya lagi makan siang. Pas keluar lagi mobil saya sudah ketimpa pohon,” katanya.

Iapun meminta pemerintah lebih memperhatikan pohon yang rawan tumbang, agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi. “Karena seperti diketahui Kota Bogor ini merupakan Kota Hujan jadi lebih diperhatikan lagi,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Bidang PJU, Pertamanan dan Dekorasi Kota pada Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) Kota Bogor Feby Darmawan mengaku, tengah mengupayakan bantuan terhadap para korban. Namun untuk di Jalan Ir. H. Djuanda pihaknya tidak bisa membantu karena terjadi di lahan pribadi. “Kami imbau warga jangan berteduh di bawah pohon, apalagi saat cuaca hujan,” pungkasnya.

** Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here