Maulid Nabi, Warga Kalong Dagul Pawai Dongdang

0
70

Jasinga | Jurnal Inspirasi

Banyak hal yang dilakukan untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW, salah satunya yang terjadi di Kampung Kalong Dagul, Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga dengan menggelar pawai dongdang,  cukur rambut bayi sampai membawa bakakak ayam ke masjid untuk dibagikan ke yatim dan warga sekitar.

“Jadi biasanya tradisi ini memang sudah setiap tahun digelar khususnya wilayah Jasinga tapi mungkin tidak semua daerah,” kata tokoh pemuda, Kalong Dagul Atmaja kepada wartawan, kemarin.

Ia juga menjelaskan, usai melaksanakan rangkaian kegiatan berzikir dan berdoa, dongdang yang sudah dibawa dibagikan kembali ke warga dan tokoh masyarakat.

“Untuk dongdang makanan dan bakakak ayam kita bagikan ke warga, yatim, janda dan warga kurang mampu sebagai keberkahan dari hasil bumi yang dibawa,” jelasnya.

Sementara itu, warga lain Hamdany (37) menuturkan, bahwa tradisi ini sudah turun temurun dilakukan setiap peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.

“Ada hal unik, jadi dongdang makanan sebelum dibagikan selalu menjadi rebutan warga karena yang dibawa itu hasil bumi dari warga,” tutupnya.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here