Warga yang Terdampak Banjir Diberikan Bantuan Sembako

0
68

ASB dan GMPI Beri Bantuan di Cibuluh, Bantarjati dan Tanah Baru

S

Bogor | Jurnal Inspirasi

Anggota DPRD Kota Bogor Fraksi PPP, Akhmad Saeful Bakhri (ASB) bersama Gerakan Muda Pembangunan Indonesia (GMPI) mendistribusikan ratusan paket sembako kepada warga yang terkena dampak bencana banjir pada beberapa titik di Kecamatan Bogor Utara, Minggu (25/10).

“Kami mendistribusikan sekitar 300 paket sembako, diantaranya di Cibuluh, Bantarjati dan Tanah Baru,” kata ASB kepada wartawan.

Menurut dia, bantuan tersebut adalah salah satu cara untuk membantu pemerintah dalam menangani kebutuhan warga pasca bencana. “Hal yang paling dibutuhkan warga pasca bencana adalah bantuan makanan dan obat-obatan,” ujar ASB.

Menurut dia, pemerintah seharusnya membentuk tim khusus yang bertugas menangani masalah pasca bencana, sehingga segala kebutuhan warga dapat langsung diinventarisir dan bisa cepat didistribusikan. “Baiknya pemerintah segera membuat tim itu. Sebab, selama ini kebutuhan warga, tidak cepat dikirim,” ucap ASB.

Selain itu, ASB pun meminta agar Pemkot Bogor melalui aparatur wilayah memetakan penyebab utama banjir di beberapa kawasan seperti Tanah Baru, Cibuluh dan Ciluar. “Harus segera dicari akar permasalahan. Sebab, pemerintah sendiri sudah membangun kolam retensi di Cibuluh,” ungkapnya.

Iapun meminta Pemkot Bogor segera mengambil langkah konkret terkait penanganan banjir di kawasan Bogor Utara. Kata ASB, bila keberadaan kolam retensi dinilai kurang maksimal, pemerintah mesti mengupayakan cara lain. Namun, sambungnya, perencanaan pembangunannya mesti matang.

“Mestinya dengan adanya kolam retensi bencana banjir bisa ditangani. Tapi ini tidak, artinya ada yang salah dalam perencanaan. Boleh pemkot bikin alternatif lain, tapi perencanaan mesti matang,” tandasnya.

** Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here