30.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

UAI-KSP Jampang Gemilang Bagikan Hand Sanitizer

Kemang | Jurnal Inspirasi

Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Jakarta, Lembaga Amil Zakat (LAZ)  Al Azhar bekerjasama dengan Koperasi Syariah Pelita Jampang Gemilang  melalui program pengabdian masyarakat membagikan hand sanitizer, spanduk, dan brosur himbauan soal pencegahan Covid-19 dan dan menerapkan protokol Kesehatan.

Ketua Tim Kegiatan tersebut Kun Mardiwati Rahayu mengatakan, program studi Biologi UAI bersama LAZ Al Azhar dan Koperasi Syariah Pelita Jampang Gemilang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Jampang merupakan desa binaan UAI yang terletak di Kecamatan Kemang, wilayah utara Kabupaten Bogor.

“Kegiatan yang dilakukan meliputi sosialisasi pencegahan Covid-19 dengan cara pembuatan, dan pendistribusian hand sanitizer ke lingkungan pelayanan umum di Desa Jampang,” kata Kun sapaanya.

Kun yang juga dosen Biologi UAI menjelaskan, menurut WHO  bahwa salah satu cara mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan membersihkan tangan secara teratur memakai cairan antiseptic tangan (hand sanitizer) atau mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Hand sanitizer merupukan pembersih tangan yang memiliki kemampuan menghambat hingga membunuh mikroorganisme.

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan edukasi dan pembagian gratis hand sanitizer agar masyarakat paham tentang menjaga kebersihan serta kesehatan ditengah wabah virus Covid- 19,” katanya.

Kun mengatakan, distribusi hand sanitizer di wilayah Desa Jampang oleh UAI meliputi 10 lokasi yaitu Kantor Desa Janpang, Kantor Kecamatan, Puskesmas kecamatan, Masjid Al Hidayah, Masjid An Nuur, Puskesmas Jumpig,  Klinik Shalahuddin, RST Dompet, Lembaga Insani DD, dan Koperasi Syariah Pelita Jampang.

“Masing-masing lokasi mendapatkan cairan hand sanitizer dalam wadah 2 dirigen Sinter, 1 botol isi 2 liter dan 20 botol spray 60ml. Pendistribusian ini dibarengi dengan upaya edukasi yaitu dengan melakukan sosialisasi adaptasi kebiasaan baru. Pentingnya memakai masker, mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak dan makan-makanan bergizi untuk mencegah Covid-19. Sosilisasi ini disertai dengan spanduk yang dipasang di beberapa lokasi,” katanya.

Cahyadi, Ketua Koperasi Syariah Pelita Jampang Gemilang yang merupakan penghubung koordinator lapangan kegiatan merasakan manfaat kegiatan bersama perguruan tinggi yang peduli dengan masyarakat tersebut.

“Alhamdulillah kegiatan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat apalagi saat pandemic, edukasi soal penanganan Covid-19 perlu dilakukan,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles