BPDASHL Citarum- Ciliwung Berikan Ribuan Bibit Pohon ke Desa Cigudeg dan Sukamaju

0
105

Cigudeg l Jurnal Inspirasi

Badan Pengelola Daerah  Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Citarum- Ciliwung pada Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali memberikan bantuan ribuan bibit pohon kepada Pemerintah Desa Cigudeg dan Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, baru baru ini.

Camat Cigudeg Pardi  merespon baik atas bantuan ribuan bibit pohon dari KLHK untuk Desa Cigudeg dan Desa Sukamaju. “Kami apreasi pada pemerintah desa yang telah bisa menerobos jaringan untuk mendapatkan bantuan berbagai bibit pohon untuk masyarakat, semoga bantuan bibit ini bisa bermanfaat bagi masyarakat,” kata Camat Cigudeg kepada Jurnal Bogor, melalui sambungan teleponnya, Minggu (25/10).

“Dengan adanya bantuan bibit pohon tersebut, masyarakat bisa memanfaatkan lahan kosong, meski hanya sejengkal tanah masyarakat bisa dimanfatkan lahan dengan baik,” ungkapnya.

Kepala Desa Cigudeg Andi Supriyadi sebelumnya telah mendapat i bantuan  dari BPDASHL sebanyak 82 ribu bibit pohon. Sedangkan kKali ini bantuan yang diterima dari  BPDASHL  sebanyak 60 ribu bibit pohon, yakni bibit pohon Sengon 20.000 batang, Mahoni 20.000 batang, Trembesi 5.000 batang, Nangka  5.000 batang, Sirsak 5.000 batang, serta bibit pohon produktif jenis Durian 6.000 batang.

“Masing masing kepala keluarga diberikan 10 batang pohon dengan dicampur dari keenam jenis bibit pohon yang ada,” ujarnya.

Pemerintah Desa Cigudeg pun kini telah membuat Program Kebun Bibit Desa dengan menyiapkan puluhan ribu bibit pohon  dalam upaya membudayakan kegiatan menanam di  masyarakat untuk menghijaukan kembali  wilayah Desa Cigudeg dan sekitarnya. Adapun lokasi kebun bibit desa terletak di Kampung Palawijo RT 01 RW 11 Desa Cigudeg.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here