24.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Bantu Musibah Banjir dan Longsor, MDMC Gelar Penggalangan Dana

Leuwiliang l Jurnal Inspirasi

Organisasi  Muhammadiyah Disaster Manajemen Center (MDMC) beserta Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah baru baru ini telah menggelar pertemuan dengan Organisasi Otonom Kabupaten Bogor dan Relawan Muhammadiyah yang tergabung dalam Angkatan Muda Muhammadiyah Kabupaten Bogor.

Ketua MDMC, Nana Mulyana menuturkan, dalam rapat koordinasi tersebut menghasilkan banyak poin pembahasan, namun yang menjadi inti pembahasan adalah Muhammadiyah  Kabupaten Bogor sepakat untuk turun dalam menolong korban bencana banjir yang melanda di Kabupaten Garut yang terjadi satu pekan lalu.

Menurut data yang himpun BNPB sekitar 20 desa dari 3 kecamatan terdampak akibat bencana banjir. Di hari yang sama, musibah banjir dan longsor terjadi pula di Tasikmalaya yang menimbulkan 1 korban  jiwa dan 2 luka-luka, kemudian sebanyak 11 kecamatan terdampak akibat bencana banjir dan longsor ini.

“Angkatan Muda Muhammadiyah Kabupaten terhadap peduli pada saudara kita yang  terdampak banjir dan longsor. Angkatan Muda Muhammadiyah ikut ambil bagian  menjalankan apa yang sudah digariskan oleh persyarikatan yaitu OMOR atau One Muhammadiyah One Respon,” kata Nana kepada wartawan, Jumat (22/10).

MDMC Kabupaten Bogor menurunkan 10 relawan untuk membantu langsung ke TKP bencana Garut,  sebagian besar mereka bahu membahu melakukan menggalang dana di semua stakeholder yang ada di Muhammadiyah.

“MDMC Kabupaten Bogor sebagai leading sektor terhadap kebencanaan, Alhamdulillah sudah merespon baik bersama Lazismu dan Ortom  dengan cara pengumpulan donasi dan membantu secara langsung di lokasi serta pemberian donasi dan  psikososial. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu khususnya kepada para Pimpinan Ortom tingkat daerah cabang dan ranting yang berjibaku langsung,” imbuhnya

Pada kesempatan itu, Ketua Lazismu Muhdam memaparkan, pihaknya responsif terhadap permasalahan yang dihadapi  masyarakat terutama perihal pandemi Covid-19 dan bencana alam. “Musibah telah menimpa saudara-saudara kita, pada dasarnya semua bergerak untuk saling  menolong, sebagaimana yang sudah diperintahkan setiap muslim untuk saling membantu antar sesama,” pungkasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles