24.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Tekan Covid-19, GMPI Bagikan APD

Bogor | Jurnal Inspirasi

Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI) Kota Bogor menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) bertajuk Sekolah Umum Kabogoran di Taman Khoiru Ummah, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Rabu (21/10). Kegiatan tersebut adalah rangkaian HUT GMPI ke-27 dan dalam memperingati Hari Santri.

Dalam FGD yang mengangkat tema “Penanganan dan Pencegahan Covid-19 serta Pembagian Alat Protokol Kesehatan” ini menghadirkan pembicara Wakil Ketua Satgas Covid-19 DPRD, Akhmad Saeful Bakhri (ASB) serta H. Ambarwati selaku Staf Perencanaan dan Mutu Pelayanan RSUD Kota Bogor.

Pada kesempatan itu, ASB mengatakan bahwa selama pandemi Covid-19 Pemkot Bogor bersama DPRD terus menggencarkan imbauan mengenai penerapan social distancing dan melaksanakan berbagai kebijakan pencegahan penularan virus corona.

Diantaranya, kata ASB, telah dliburkannya sekolah sejak 16 Maret hingga saat ini dan membentuk Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Bogor. Baik dipemkot dan DPRD.

“Kemudian kami juga menyiapkan anggaran biaya tidak terduga (BTT) melalui tiga organisasi perangkat daerah (OPD). Yakni, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan RSUD serta pergeseran anggaran dari semua OPD untuk penanganan Covid-19,” ujar ASB.

Selain itu, pemerintah pun telah menyiapkan ketersediaan pelayanan kesehatan dan RSUD untuk merawat OTG dan pasien positif Covid-19 dengan komorbid (penyakit penyerta).

“Kami juga menerbitkan 13 kebijakan terkait penanganan Covid-19 di Kota Bogor, termasuk imbauan kepada pelaku usaha dan masyarakat serta kesepakatan terhadap pembatasan kegiatan keagamaan,” jelasnya.

Dari sisi sosial, kata ASB, pemkot dan DPRD telah menganggarkan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi warga miskin baru terdampak Covid-19 selama empat bulan, yakni senilai Rp46 miliar.

Sedangkan untuk penanganan pandemi virus corona telah dianggarkan senilai Rp214 miliar. “Ini adalah bukti komitmen bersama antara DPRD dan Pemkot Bogor untuk menangani pandemi,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, GMPI pun membagikan tempat cuci tangan serta APD di delapan kelurahan yang ada di Kecamatan Bogor Utara.

Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles