Puluhan Tahun tak Tersentuh Pembangunan, Kini Jaling di Dukuhkawung Dibangun

0
102
Pengerjaan jalan lingkungan di Kampung Cibitung Dukuhkawung, Nanggung

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Selama puluhan tahun tidak tersentuh pembangunan, akhirnya jalan Kampung Cibitung Dukuhkawung RT 05 RW 02 , Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung  dibangun. Jalan ini berbatasan dengan Desa Curugbitung yang tadinya jalan setapak diubah menjadi jalan lingkungan (jaling) dengan lebar 1,20 meter.

Sejumlah warga sekitar melakukan gotong royong dengan melebarkan jalan serta membersihkan semak  dan rumput liar pada saat persiapan pembangunan. “Saat MusrenbangDes pada 2019 lalu, jalan itu sudah kami prioritaskan pada tahun ini. Berdasarkan hasil musyawarah bersama masyarakat, akhirnya tahun ini bisa kami bangun melalui alokasi anggaran Bantuan provinsi (Banprov) Jawa Barat 2020,” ujar Kades Nanggung Muhamad, Sodik kepada wartawan, Sabtu (17/10).

Sodik mengatakan, warga bergotong royong membantu persiapan pembangunan membuktikan  mereka cukup antusias. ” Warga sangat mendukung dan menyambut baik dengan dibangunnya jalan tersebut,” tukasnya.

“Atas terwujudnya bangunan fisik jalan dengan rasa syukur  terutama warga yang wilayahnya baru tersentuh bangunan jalan. Bangunan jalan ini sudah lama  tunggu-tunggu masyarakat sekitar,” terang Sodik.

Bukan hanya jaling di Dukuhkawung, kata pelaksana kegiatan Amung, di lingkungan RW 02  hal serupa juga sedang dikerjakan berupa betonisasi jaling yang berlokasi di Kampung Kebonawi dan Kampung Pondokpeucang. Juga pembangunan jaling di lingkungan RW 01 yang meliputi Kampung Kelapacondong dan Plamboyan. ” Jadi total keseluruhan bangunan jaling di 5 titik sepanjang 675 meter,” pungkasnya.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here