Rilis Video Klip, DWP PPMKP Turut Rayakan Hari Pangan Sedunia

0
119
Dharma Wanita Persatuan PPMKP Ciawi Bogor, merilis video klip lagu Sahabat Petani, Kolam Susu dan Anging Mamiri dalam rangka memperingati Hari Pangan Sesunia Tahun 2020

Ciawi | Jurnal Inspirasi

Hari Pangan Sedunia diperingati setiap tahun. Tanggal peringatan ini diambil sesuai dengan hari berdirinya Asosiasi Pangan dan Pertanian (FAO) Organisasi Persatuan Bangsa-Bangsa pada 16 Oktober 1945.

Dalam rangka menyambut Hari Pangan Sedunia Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi Bogor melalui tim Dharma Wanita Persatuan (DWP) PPMKP  merilis video klip. Dalam video klip tersebut, mereka memainkan lagu diiringi alat musik khas Sunda, angklung.

Lagu – lagu yang dimainkan yakni Sahabat Petani, Kolam Susu dan Anging Mamiri. “Dalam rangka memperingati hari pangan sedunia, sebagai bentuk partisipasi ibu-ibu DWP PPMKP dan kepeduliannya kepada masyarakat petani dimana salah satu judul lagunya adalah Sahabat Petani,” ungkap Kepala PPMKP Yusral Tahir, Kamis (15/10).

Dalam video tersebut, anggota DWP PPMKP yang dipimpin Sari Dewi Harahap yang juga tampil sebagai vocalist  tampil kompak dengan balutan kebaya bernuansa biru navy berkain batik. Video tersebut di launching pada saat Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan kuliah umum secara virtual di Agriculture War Room (AWR) di Jakarta.

Pada peringatan Hari Pangan Sedunia tahun 2020, bertema Tumbuhkan, Pelihara, Lestarikan. Bersama, Aksi Kita Masa Depan Kita, dan #PahlawanPangan,  Kementerian Pertanian mengajak seluruh elemen masyarakat  untuk memberikan apresiasi pada pahlawan pangan. Pahlawan pangan mulai dari petani sampai pekerja pabrik, pengantar makanan sampai pekerja toko.

Menteri Pertanian (Mentan) SyahruI Yasin Limpo juga mengajak seluruh jajaran Kementan untuk mengawal kebutuhan pangan rakyat selama beberapa tahun ke depan. Ia berharap sektor pertanian menjadi solusi atas berbagai upaya pemerintah dalam memperbaiki ekonomi nasional.

Kata Mentan inilah saatnya jajaran Kementan menjadi pahlawan makanan bagi rakyat Indonesia mampu berdaulat pangan secara utuh. Lebih dari itu, pertanian ke depan juga harus mampu menguatkan pengelolaan managemen secara modern.

Sementara itu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi, menegaskan Petani adalah pejuang pangan. Oleh karena itu, sudah sepantasnya para petani dan penyuluh ditingkatkan kemampuan, keterampilan, dan juga pengetahuannya.

Hari Pangan Sedunia atau World Food Day diperingati setiap 16 Oktober setelah melalui proses yang cukup panjang, Hari Pangan Sedunia atau World Food Day ini disahkan oleh 147 anggota FAO, termasuk juga Indonesia, pada 1981.

Sebelumnya, perwakilan FAO asal Hongaria, Dr. Pal Romany mengusukan tentang penetapan World Food Day, saat terselenggaranya konferensi ke-20 FAO, pada November 1979. Gagasan tersebut diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi masalah pangan, bukan hanya di tingkat regional saja, namun juga nasional dan global.

** Regi/PPMKP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here