32 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Edukasi Pelayanan Kesehatan dan PHBS

>> PKBM Insan Mandiri, Rumah Zakat dan CSF Gelar Pengobatan Gratis

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Insan Mandiri, Rumah Zakat dan Cita Sehat Foundation (CSF) menggelar pengobatan gratis di Gandok RT 01 RW 05, Kelurahan Pakuan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Kamis (15/10). Kegiatan ini direspon positif warga, termasuk Camat Bogor Selatan Hidayatulloh dan Lurah Pakuan Arief Hidayat serta Ketua DKM RW 05 Ustadz Ramdani sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat dan mengedukasi penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Masyarakat disini masih butuh pelayanan kesehatan dan kalau pun pergi ke fasilitas kesehatan masih ada yang takut karena pandemi Covid-19,” ujar Ketua Panitia, Riska alias Ica yang juga pengurus PKBM Insan Mandiri disela-sela kegiatan pengobatan gratis.

Acara yang digelar di aula serbaguna dekat area Masjid Jami Assyuhada itu diikuti ratusan warga yang mayoritas melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian makanan tambahan bagi anak balita. Bagi PKBM Insan Mandiri, kegiatan ini perdana digelar dan mengagendakan berkesinambungan. “Kedepan mudah-mudaha bisa dilakukan lagi,” jelas Ica.

Sedangkan bagi Rumah Zakat, sejak November 2019 pengobatan gratis ini sudah yang ke-65 kalinya dari 75 titik pengobatan yang direncanakannya tahun ini. Acara ini mendapat support dari Wuling Motors dimana ada 1 unit mobil klinik yang bisa menjangkau lokasi pengobatan, termasuk saat kunjungan ke desa regular yakni di Pamoyanan-Bogor Selatan,Kota Bogor dan Sukawening-Dramaga, Kabupaten Bogor.

“Sasaran kami adalah pelayanan perbaikan kesehatan dan pengetahuan kesehatan ke masyarakat, misalnya dengan anjuran cuci tangan dan PHBS apalagi pada saat pandemi Covid-19 sekarang ini,” ujar Iwan TS dari Rumah Zakat. “Ada 4 program kami yaitu senyum sehat, senyum mandiri, senyum juara dan senyum lestari yang masing-masing konsen di bidang kesehatan, UMKM, pendidikan dan lingkungan,” jelas Iwan lagi.

Sedangkan menurut Abdi Satria dari Divisi Cita Sehat Foundation, pengobatan gratis bisa dilakukan dengan cara masyarakat datang ke satu titik tempat yang telah ditentukan atau juga jemput bola dengan mendatangi warga. “Adanya mobil klinik ini bisa melayani kegiatan pengobatan masyarakat, tentu setelah ada pengajuan permintaan dan panitia menyiapkan teknis tempatnya,” kata dia.

** Asep Saepudin Sayyev

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles