29.9 C
Bogor
Thursday, March 28, 2024

Buy now

spot_img

Warga Sadengkolot Keluhkan Jalan Antardesa yang Rusak Berat

Leuwisadeng l Jurnal Inspirasi

Kondisi jalan Cimangggu-Cisaranten yang menghubungkan Desa Wangunjaya dengan Desa Sadengkolot, Kecamatan Leuwisadeng dikeluhkan warga sekitar. Kondisi jalan yang rusak itu  sudah cukup lama dan tak ada  perbaikan dari Pemkab Bogor.

Tokoh masyarakat asal Kampung Cimandirasa, Desa Sadengkolot Ujang menyebutkan, kerusakan jalan terjadi di sepanjang jalan dan hampir seluruhnya sudah rusak dan berlubang. ” Apalagi ketika memasuki musim hujan saat ini,  kerusakan jalan pun semakin parah,” kata Ujang kepada Jurnal Bogor, Rabu (14/10).

Ujang menerangkan , Jalan Cimanggu-Cisaranten sepanjang 2 kilometer dibangun pada tahun 2014 lalu berupa batonisasi oleh Pemkab Bogor. ” Namun setelah itu tidak ada perbaikan lagi dari pihak manapun, sehingga kondisi jalan sudah belasan tahun mengalami kerusakan,” kata dia.

Hanya saja, ucap Ujang, warga berinisiatif melakukan gotong royong menambal jalan yang rusak itu. Ihwal kondisi jalan yang sudah rusak  dan berlubang, kata Ujang,  dulunya jalan tersebut berstatus jalan desa, tetapi sudah  beberapa kali diusulkan oleh pihak desa ke Pemkab Bogor melaui Dinas PUPR untuk menjadi jalan milik Kabupaten Bogor.

Hingga 2019  pihak desa setempat mengusulkan  agar adanya pengakuan Pemkab Bogor perihal keberadaan jalan tersebut. ” Akhirnya tahun 2020 jalan Cimanggu Cisaranten yang dulunya berstatus jalan desa kini Pemkab Bogor mengakui keberadaan jalan tersebut menjadi jalan milik Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Bahkan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bappeda Kabupaten Bogor, termasuk UPT Jalan Jembatan wilayah V Leuwiliang  sudah melakukan survei, yang disebut-sebut Jalan Cimanggu-Cisaranten pada 2021 akan dilakukan perbaikan. ” Katanya bakal menjadi prioritas untuk perbaikan jalan itu, ya kami tentu sangat berharap,” kata Ujang.

Dia menambahkan, di sepanjang jalan itu meliputi 2 desa terutama bagi warga Sadengkolot yang merupakan akses satu satunya bagi warga di 1 dusun 2 RW 13 RT yang setiap harinya menggunakan jalur itu. “Jalan Cimanggu-Cisaranten akan diperbaiki pada 2021 nanti, kami dengan warga lainnya menunggu, mudah mudahan kabar itu tidak meleset,” harapnya.

Sementara saat dihubungi, Kepala UPT Jalan dan Jembatan wilayah V  Leuwiliang pada Dinas PUPR Kabupaten Bogor, Zaitun Nur Azizah mengakui bahwa kondisi Jalan Cimanggu-Cisaranten  sebelumnya sudah disurvei oleh bagian petugas lapangan. “Nanti kita masukan untuk diusulkan pembangunannya 2021, mudah mudahan bisa menjadi prioritas, doakan saja agar pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles