Petugas DLH Bersihkan Sampah di Jalan Alternatif Ciderum-Citapen

0
92

Caringin | Jurnal Inspirasi

Petugas Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sampah wilayah III pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, melakukan pembersihan sampah-sampah yang dibuang masyarakat disekitar ruas Jalan Alternatif Ciderum-Citapen dan aliran kali di Kampung Ciderum, Desa Ciderum, Kecamatan Caringin.

Pengawas UPT Pengelolaan Sampah wilayah III yang bertugas di Kecamatan Caringin, Sudrajat mengatakan, sesuai  arahan dari kepala UPT agar para petugas pengelolaan sampah yang tersebar di VI wilayah, yakni Kecamatan Cisarua, Megamendung, Ciawi, Caringin, Cigombong dan Cijeruk, untuk peduli terhadap keberadaan sampah-sampah tidak bertuan.

 “Artinya kami dituntut agar tidak hanya memprioritaskan sampah warga yang sudah bekerjasama saja, tapi ketika ada sampah yang mengotori lingkungan, kami harus bertindak dengan melakukan pembersihan,” ungkapnya kepada wartawan.

Terlebih, lanjutnya, keberadaan sampah yang dibuang oleh warga secara sembarangan tanpa mengindahkan kebersihan dan berdampak terhadap pencemaran lingkungan, bagian dari tanggung jawab semua pihak, termasuk pemerintah.

 “Kami bagian dari pemerintah. Makanya selama masih bisa kami tangani, pasti akan kami lakukan pengangkutan,” papar Sudrajat.

Sudrajat minta agar masyarakat lebih aktif lagi dalam mensosialisasikan larangan membuang sampah sembarangan, terlebih dilakukan di tempat-tempat umum, seperti di jalan maupun kali.

 “Sesama warga saya berharap untuk saling menyadarkan satu sama lain. Kalau bisa para pengurus mulai dari kepala desa, rukun warga (RW) dan rukun tetangga (RT), bisa mengajak warga nya untuk mau bekerjasama dengan DLH dalam penanganan masalah sampah,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Koordinator Kesehatan Kebersihan Lingkungan Hidup (KKLH) RW 09, Desa Ciderum, Anang Sopian mengapresiasi kinerja para petugas UPT Pengelolaan Sampah Ciawi yang melakukan pengangkutan sampah tak bertuan di lokasi anak kali atau selokan.

 “Walaupun belum semua sampah yang ada di selokan kampung diangkut, kami dan warga Kampung Ciderum sangat mengapresiasi tindakan petugas DLH yang langsung mengangkut sampah-sampah bekas rumah tangga tersebut,” tukasnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here