Der Panser Patok Tiga Angka

0
70

Koln | Jurnal Inspirasi

Timnas Jerman menargetkan tiga angka saat menjamu Swiss pada penyisihan Liga A Grup 4 UEFA Nations League 2020/2021 di RheinEnergieStadion, Rabu (14/10) dini hari WIB. Kemenangan akan menjaga peluang Der Panzer lolos ke babak gugur tetap terbuka.

Pelatih Jerman Joachim Loew masih berusaha membuat penampilan Der Panzer lebih baik setelah bencana di Piala Dunia 2018. Namun, upaya Loew sepertinya belum mendapat hasil maksimal.

Bahkan Loew mendapat kritik tajam lantaran pasukannya memulai Nations League dengan hasil yang kurang gereget; dua kali imbang yakni melawan Spanyol (1-1) dan Swiss (1-1), dan kemenangan tipis 2-1 atas Ukraina di laga terakhir.

Timnas Jerman bahkan mulai ditinggalkan penggemarnya yang dibuktikan dengan merosotnya penonton pertandingan Jerman. Saat melawan Ukraina, ada sekitar 7,5 juta menonton laga itu.

Jumlah itu sedikit meningkat dari 6,77 juta yang menyaksikan hasil imbang 3-3 melawan Turki pada laga persahabatan, Rabu (7/10). Itu 21,5 persen dari pasar, angka penonton terendah dalam 14 tahun sejak Loew mengambil alih.

Mantan bintang timnas Jerman Bastian Schweinsteiger menyayangkan merosotnya jumlah penonton timnas Jerman, yang tak lagi meraup 100 persen pasar. “Sayang sekali. Saya berharap semuanya bisa segera berbalik,” kata Schweinsteiger.

Dengan meraup lima poin, Jerman bertengger di peringkat 2 klasemen di bawah Spanyol yang mengemas tujuh angka dari tiga laga. Dengan perjalanan ke Madrid yang tertunda bulan depan, sangat penting bagi Manuel Neuer dkk mengambil tiga poin melawan Swiss.

Toni Kroos akan membuat penampilan ke-100nya untuk Jerman, tetapi Julian Draxler, Marcel Halstenberg dan Lukas Klostermann sedikit mengalami masalah kebugaran, dan diragukan untuk menjadi starter.

Timo Werner yang masuk sebagai pemain pengganti melawan Ukraina, kemungkinan akan menjadi starter pada pertandingan ini, bersama rekan setimnya di Chelsea, Kai havertz. Joachim Loew sebenarnya tidak memiliki masalah pemain cedera dalam skuat.

“Saya membuat target besarnya adalah untuk perjalanan ke Piala Eropa,” kata Loew dengan putaran final Piala Eropa 2020 digelar delapan bulan lagi. “Kami memiliki rencana yang jelas. Kami tahu apa yang kami lakukan.”

Sementara itu Swiss kalah 0-1 dari Spanyol di Madrid pada laga terakhir. Pasukan Vladimir Petkovic berada dalam bahaya terdegradasi dari Liga A. Swiss baru mengoleksi satu poin sejauh ini, yang berkat hasil imbang di pertandingan sebelumnya melawan Jerman. Mereka kalah dari Ukraina bulan lalu, sebelum kekalahan di Madrid pada Sabtu

Jerman memiliki rekor head-to-head yang luar biasa melawan Swiss. Der Panzer memenangkan 35 dari 51 pertemuan kedua tim di berbagai ajang. Swiss hanya menang sembilan, dan tujuh kali imbang di antara mereka. Salah satunya terjadi pada pertemuan terakhir bulan lalu.

Perkiraan Pemain


Jerman (3-4-2-1): Manuel Neuer; Matthias Ginter, Niklas Sule, Antonio Rudiger; Lukas Klostermann Joshua Kimmich, Leon Goretzka, Marcel Halstenberg; Serge Gnabry, Kai Havertz; Timo Werner
Pelatih: Joachim Loew

Swiss (3-4-3): Yann Sommer; Ricardo Rodriguez, Nico Elvedi, Fabian Schar; Loris Benito, Djibril Sow, Granit Xhaka, Silvan Widmer; Ruben Vargas, Haris Seferovic, Xherdan Shaqiri
Pelatih: Vladimir Petkovic
Lima pertemuan terakhir

06/09/2020 Nations League Swiss vs Jerman 1-1
26/05/2012 Persahabatan Swiss vs Jerman 5-3
26/03/2008 Persahabatan Swiss vs Jerman 0-4
07/02/2007 Persahabatan Jerman vs Swiss 3-1
02/06/2004 Persahabatan Swiss vs Jerman 0-2

**ass/sindonews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here