26.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Covid di Zona 4 Dipantau KPM Via e- HWD

Ciampea | Jurnal Inspirasi

Pencegahan Covid-19 terus dilakukan guna menekan angka penyeberan virus Corona itu di setiap desa. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bogor (DPMD) dan Tenaga ahli Kementerian Desa melaksankan bimtek terhadap para Kader Pembangunan Manusia (KPM) yang diangkat oleh desa sebagai kader yang nantinya menjalankan aplikasi e- HWD  untuk memantau perkembangan Covid-19 di setiap desa.

Seperti di wilayah zona 4 Kabupaten Bogor, ada 3 kecamatan yang mengikuti pelatihan tersebut yaitu Kecamatan Ciampea, Dramaga dan Tenjolaya. Masing-masing kecamatan mengirimkan perwakilan KPM tiap desa untuk mengikuti pelatihan yang digelar di aula Kantor Kecamatan Ciampea, Selasa (13/10).

“Kegiatan ini diikuti setiap desa dari tiga kecamatan, Dramaga, Cimapea dan Tenjolaya masing-masing desa mengirimkan perwakilan KPM yang telah diangkat oleh desa untuk menjadi petugas yang menjalankan aplikasi e-HWD atau Aplikasi Desa Melawan Covid-19 memantau perkembangan sebaran Covid-19 setiap desa,” kata pendamping desa Kecamatan Ciampea Sopian Sauri, Selasa (13/10).

Pria yang biasa disapa Piong  mengatakan nanti para KPM itu yang telah diangkat oleh Kades diberikan HP dan dalam HP itu ada aplikasi untuk memantau perkembangan Covid-19 di desa yang laporannya langsung masuk data base pemerintah.

“Desa memberikan hp ke petugas kader pembangunan manusia dari pembiayaan dana desa termasuk petugasnya yang gaji setiap bulannya Rp 200 ribu,” katanya.

“Tujuannya karena Covid-19 sangat menyita, dan sebarannya begitu cepat dengan aplikasi ini  desa sejauh mana bisa mengontrol segaligus untuk melakukan pencegahan,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles