Akibat Irigasi Jebol Ratusan Kolam Ikan di Ciseeng Terendam

0
70

Ciseeng  |  Jurnal Inspirasi

Curah hujan yang tinggi di Kabupaten Bogor, khususunya di Kecamatan Ciseeng, berdampak jebolnya saluran irigrasi Sasak dan menenggelamkan ratusan empang di Desa Parigi Mekar, Kecamatan Ciseeng. Kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

Salah satu pemilik kolam ikan, Danil mengatakan, kolam miliknya dan ratusan kolam lainya habis tersapu luapan dari jebolnya saluran irigasi Sasak, dirinya menyayangkan lambatnya dinas terkait dalam perbaikan saluran irigasi tersebut membuat puluhan petani merugi hingga ratusan juta.

“Sudah seminggu tidak ada perbaikan dari dinas terkait, seharusnya ada perbaikan dengan cara membendung jebolan dengan karung berisi pasir. Soalnya kalau tidak dibendung kolam akan semakin tersapu banjir. Dan kami akan merugi. Saya berharap dinas terkait bisa turun ke lapangan untuk melihat kondisi di lapangan saat ini,” ujarnya kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Masih kata Danil, akibat jebolnya saluran irigrasi Sasak membuat mata pencaharian para petani ikan semakin sulit, menurutnya banyak kolam yang baru diisi bibit ikut merugi. Karena kolam atau empang menjadi tempat usaha untuk petani iklan di Kecamatan Ciseeng, bukan hanya kolam yang ikut tergerus.

“Banyak kebun dan sawah yang ikut mendapat dampak dari banjir tersebut, sekitar 5 hektare yang terkena banjir itu. Sekali lagi saya berharap ada perhatian dari dinas terkait. Soalnya dimasa sulit saat ini, hanya kolam atau empang jadi tempat usaha kami,” tukasnya.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here