Akibat Covid Insfrastruktur Banyak Tertunda

0
79
Gotong royong warga desa, beberapa waktu lalu Jalan Sawah Minggu Batutulis di ukur oleh Pendamping Desa dan melibatkan LPM, RT dan RW.

n Jalan Sawah Minggu Batutulis Dibahas di MusrenbangDes

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Jalan Desa Sawah Minggu merupakan jalur penghubung antara  Kampung Pasirgintung dengan Kampung Babakan Cipetir, Desa Batutulis, Kecamatan Nanggung. Jalan ini masuk di MusrenbangDes RKPDes 2021 mendatang karena perencanaan pembangunan sebelumnya  masih banyak yang tertunda akibat Covid- 19

Ketua BPD Desa Batutulis, Asep Saepuloh mengatakan perihal perencanaan pembangunan jalan desa Sawah Minggu. Selain  pemanfaatannya untuk akses menuju TPU Makam Gede yang juga merupakan penghubung antar kampung. ” Tadi (MusrenbangDes) telah diusulkan oleh ketua RW setempat, kalau memang 2021 situasional memungkinkan  kami akan dorong Jalan Desa Sawah Minggu itu untuk segera dibangun,” kata Asep via telepon selulernya,  Kamis (8/10).

Menurutnya, bukan hanya Jalan Desa Sawah Minggu saja, semua yang diusulkan masyarakat direspon. “Kami mensupport salah satunya ya itu, untuk pembangunan jalan lingkar yang menuju TPU, itupun kalau memang situasional sudah kondusif,” ujarnya.

“Banyak sih infrastruktur yang diusulkan, itu pun nanti dilihat klasifikasi dan skala prioritas karena perencanaan pembangunan sebelumnya  masih banyak yang tertunda akibat Covid- 19,” sebutnya.

“Kami harap, kedepan  selain insfrastruktur tentu harus ada pemberdayaan masyarakat salah satunya di bidang pertanian,  perikanan, UMKM atau home industri tentu itu harus adanya pelatihan dengan melibatkan Dinas Pertanian atau pihak terkait yang berkompeten di bidang itu. Karena program-program masyarakat ini bukan hanya tanggung jawab perorangan atau kepala desa saja, melainkan harus dilakukan bersama sama.”

“Semisal, untuk meningkatkan kesejahtaraan masyarakat dengan dibuatnya dapur hidup, fasilitas memanfaatkan pekarangan rumah dan bagai cara untuk menanam sayur mayur yang baik dan benar, tanpa harus meninggalkan program insfrastruktur, itu cara sederhana dan bisa dilakukan,” papar Asep.

Lagi-lagi, kata Asep, sebelum dikerjakan harus digelar pelatihan dengan melibatkan Dinas Pertanian atau perikanan agar hasilnya bagus dan tidak terlalu merogoh kocek uang belanja.

Sementara Kepala Desa Batutulis Ade Supriatna mengatakan, pembangunan Jalan Sawah Minggu menuju TPU Makam Gede dan Kampung Babakan Cipetir bakal direncanakan 2021 secara berkala. “Kalau anggaran dana desa sudah tidak alokasikan untuk penanganan Covid. Mengingat masih banyak di beberapa kampung  perencanaan bangunan  insfrastruktur tertunda akibat pandemi Covid,” tandasnya.

 ** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here