PSSI Buka Pintu Marc Klok untuk Timnas

0
54

Jakarta | Jurnal Inspirasi

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyambut gelandang Persija Marc Anthony Klok menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). PSSI siap memanggil pemain yang bersinar bersama PSM Makassar itu menjadi penggawa tim nasional Indonesia senior.

Proses Klok menjadi WNI memakan waktu setahun. Pemain kelahiran Amsterdam, Belanda, 20 April 1993, itu mengajukan proses naturalisasi sejak masih di PSM Makassar pada 2019, lantaran ingin membela timnas Merah Putih.

Melalui Kemenpora, Klok mengajukan permohonan naturalisasi, bersama tiga pebasket Brandon Van Dorn Jawato yang sebelumnya berpaspor Amerika Serikat, Lester Prosper (Inggris), dan Kimberly Pierrre-Louis (Kanada).

Setelah melewati pemeriksaan Tim Pemeriksa dan Peneliti Pemberian Kewarganegaraan (TP3K) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kemensetneg, BIN, Perbasi, dan PSSI pada 31 Januari 2020, mereka mendapat restu dari presiden dan persetujuan DPR RI.

Pada Senin (5/10), Ketua Umum PSSI didampingi Plt Sekjen Yunus Nusi dan Marck Klok berada di kantor PSSI, Jakarta mengikuti rapat virtual untuk pemberian kewarganegaraan RI bersama Komisi III DPR dan bersama Kemenkunham dan Kemenpora.

Iriawan menyebut PSSI menyambut baik Klok menjadi WNI. “PSSI ikut senang Marck Klok selangkah lagi menjadi warga negara Indonesia. Tentu ini hal yang positif bagi PSSI karena Klok bisa dipanggil memperkuat timnas Indonesia,” kata Irawan dilansir laman resmi PSSI.

“Klok pemain hebat, dia sudah menunjukkan talentanya saat bermain di beberapa liga di Eropa, lalu di PSM Makassar dan saat ini bermain di Persija Jakarta.”

Menurut Iriawan, PSSI selektif menaturalisasi pemain. Tidak sembarang pemain asing bisa menyandang Garuda di dada. “Pemain yang benar-benar memiliki skill, teknik serta attitude yang mumpuni dan bisa menambah kekuatan timnas Indonesia yang akan diajukan proses naturalisasi oleh PSSI,” ujar Iriawan.

Sementara Marc Klok bersyukur menjadi warga negara Indonesia. “Saya senang, semua proses berjalan dengan lancar,” ujar Marc Klok yang menyukai kuliner nusantara seperti gado-gado, tempe, dan perkedel. “Terima kasih kepada Ketua Umum PSSI dan pihak-pihak yang telah membantu saya dalam proses naturalisasi ini.”

“Selama ini, saya menikmati bermain di Liga Indonesia dan tertarik dengan kultur budaya Indonesia yang dikenal dengan keramahannya. Saya berharap memperkuat dan meraih prestasi bersama timnas Indonesia nantinya.”

** ass

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here