25.3 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Desa Gobang Alami Pergeseran Tanah

Rumpin | Jurnal Inspirasi

Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor pada Selasa (6/10) petang membuat pergeseran tanah sehingga sejumlah rumah retak dan ada juga bangunan rusak di Kampung Bedeng RT 07 RW 04, Desa Gobang Kecamatan Rumpin.

“Saya sudah berkoordinasi dengan BPBD dan kepada rumah yang rusak berat diharapkan mengungsi ke rumah tetangga dan saudara dulu,” kata Kepala Desa Gobang Abdilah Alawi kepada wartawan, kemarin.

Ia menjelaskan, dari data sementara ada enam kepala keluarga dengan total 11 jiwa terdampak dalam bencana tersebut. Karena, kondisi tanahnya pun bergeser dikhawatirkan terjadi bencana susulan. “Kita tunggu kajian dulu dari tim ahli, karena kontur disini memang tidak berundak hanya dekat pegunungan dan area tambang,” jelasnya.

Senada dikatakan salah satu warga Kampung Bedeng, Amran (47), pasca hujan deras, kondisi tanah dan bangunan mulai bergeser bahkan halaman depan dan teras rumah yang dikeramik tampak merenggang.

“Awalnya kan hanya hujan besar, tapi tanah mulai bergeser tentunya saya khawatir terjadi hal tak diinginkan makanya sementara anak istri dipindahkan dulu ke rumah saudara yang lebih aman,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles