Program Rutilahu, Rumah Reyot di Batutulis Dipugar

0

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Sebanyak 10 Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Desa Batutulis, Kecamatan Nanggung secara keseluruhan 90 persen rampung dibangun. Kepala Desa Batutulis Ade Supriatna mengatakan, penerima bantuan Rutilahu tersebut mayoritas rehab berat. ” Bantuan program rehab rumah dari Pemkab Bogor sudah direalisasikan,” ujar Ade kepada wartawan, Selasa (6/10).

Ade melanjutkan, Rutilahu tersebut tersebar di setiap wilayah RW. “Pelaksanaannya kami memprioritaskan rumah yang memang kondisinya rusak berat. Bagi yang belum dapat bantuan, mohon untuk bersabar karena jumlah kuota Rutilahu sangat sedikit tidak sebanding dengan data base yang ada,” jelas Kades.

Menurutnya, untuk menjawab persoalan sosial di masyarakat, dia berharap tahun depan jumlah kuota penerima Rutilahu bisa bertambah.

Ketua LPM Desa Batutulis Erwin mengaku, sampai saat ini Rutilahu yang ada di wilayah Batutulis masih banyak karena data basenya masih cukup tinggi. ” Ya, masih banyak sekitar ratusan Rutilahu,” terang Erwin.

Agar proses pengerjaannya berjalan dengan baik, pihaknya akan terus meninjau pembangunan Rutilahu yang proses pengerjaannya hanya 1 rumah lagi. ” Mudah-mudahan dengan adanya program bantuan ini bisa membantu warga yang membutuhkan. Kami akan memantau proses pembangunannya sampai selesai,” pungkasnya.

Penerima manfaat Rutilahu Ibu Benjamin, warga RT 02 RW 01 Kampung Pasirgintung mengaku senang. Begitu juga dengan Ibu Jamsi, warga RT 01 RW 05 Kampung Panjaungan. “Bantuan ini sangat membantu karena rumah yang ditempati jadi tak khawatir lagi. Rumah reyot jadi kokoh lagi,” kata dia.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here