Kades Kemang Ajak Angkat Ekonomi Masyarakat Desa dengan UMKM

0
61

Kemang   | Jurnal Inspirasi

Peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sangat strategis bagi perekonomian daerah dan nasional. Pasalnya, sektor UMKM mampu menyerap tenaga kerja, dan terbukti meningkatkan potensi desa.

Di lingkup yang lebih kecil seperti di Desa, Kepala Desa Kemang, Kecamatan Kemang, Entang Suana menilai, sektor UMKM juga mampu mensejahterakan masyarakat desa.

“Sekarang ini era pemberdayaan masyarakat. Jadi perlu pelaku UMKM yang tangguh dan berdaya saing, sehingga mampu mengangkat ekonomi masyarakat dan juga bisa menyerap tenaga kerja,” kata Entang saat memberi kata sambutan pada acara kegiatan pembentukan UMKM Desa Kemang, Selasa (06/10).

Entang menambahkan, pemerintah desa berperan penting dalam pengembangan sektor UMKM. Perlu dukungan dari kepala desa dan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) untuk memacu pelaku UMKM untuk dapat lebih maju lagi.

“Sengaja kami kumpulkan dan kami bentuk UMKM Desa Kemang, pertama kami dengar dulu apa kendala selama ini, kendala mereka dari marketing pemasaran dan pelatihan, untuk modal saat ini masih menggunakan modal sendiri, kedepanya akan kami bentuk koprasi dan hasil produk mereka akan masuk ke BumDes,” kata Entang.

Masih kata Entang yang juga Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Bogor. Di Desa Kemang banyak sekali potensi yang bisa digali bagi UMKM, seperti di bidang pertanian dan perikanan, ada juga di bidang indrustri seperti pembuatan sepatu.

“Banyak sekali, belum UMKM di bidang makanan, masyarakat tinggal fokus dan kami bantu dalam pelatihan dan pemasaran, saya yakin UMKM bisa mengangkat ekonomi masyarakat desa kemang,” tutupnya.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here