25.3 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Bawang Putih Bakar Sehatkan Tubuh

Bogor | Jurnal Inspirasi

Tak cuma menambah aroma masakan, bawang putih juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Anda bisa mencoba bawang putih bakar untuk mendapatkan manfaat kesehatannya. Bawang putih diketahui mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Dikutip dari CNN, Jumat (2/10) melansir Live Strong, satu siung bawang putih mengandung 3 persen kebutuhan mangan harian sebagai agen antioksidan. Bawang putih juga kaya akan vitamin C. Bawang putih diklaim dapat membunuh bakteri, virus, dan jamur.

Memanggang menjadi salah satu metode terbaik untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari bawang putih. Mengutip NDTV, selain dapat meningkatkan cita rasa dengan memberikan rasa manis, beberapa juga meyakini bahwa proses pemanggangan dapat merangsang senyawa sehat lainnya.

Cara Memanggang Bawang Putih

Bawang putih bisa dikonsumsi secara mentah atau diolah dengan cara dipanggang. Pemanggangan disebut dapat membuat bawang putih lebih mudah dicerna oleh usus. Anda bisa memanggangnya dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan oven atau memasaknya di atas kompor.

Menggunakan Oven. Bahan: – bawang putih – minyak zaitun – garam laut. Cara membuat: – Kupas kulit bawang putih – Simpan bawang putih di atas loyang dan tambahkan sedikit minyak zaitun serta taburi dengan sedikit garam – Tutupi dengan kertas foil dan panggang dalam oven selama 45 menit.

Menggunakan Kompor. Bahan: – bawang putih – minyak mustard – garam laut. Cara membuat: – Kupas kulit bawang putih. – Panaskan minyak dalam wajan dan masukkan bawang putih. – Taburkan sedikit garam dan panggang hingga menjadi lembut. Memanggang bisa jadi cara terbaik untuk mengawetkan bawang putih. Anda bisa menyimpannya selama 3-4 hari jika disimpan dalam kantong zip-lock. Anda juga bisa mendinginkannya di dalam toples dengan menambahkan sedikit minyak di dalamnya. Proses ini akan membuat bawang putih panggang tahan lebih dari sepekan.

Manfaat Bawang Putih Bakar

Bawang putih panggang atau bakar diketahui dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan berperan sebagai agen antioksidan. Proses pemanggangan membuat bawang putih menjadi lebih mudah dicerna oleh usus. Berikut manfaatnya, mengutip dari Leaf.

1. Menjaga kesehatan jantung

Bawang putih panggang diklaim dapat meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular Anda. Bawang putih juga telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, serta mencegah penyumbatan pembuluh darah. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik, jangan panggang bawang putih dengan menggunakan microwave.

2. Mencegah kanker

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa bawang putih dapat membantu menekan risiko beberapa jenis kanker tertentu. Kanker yang menyerang sistem pencernaan seperti kanker usus menjadi yang paling mendapatkan manfaatnya.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Bawang putih disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah pencernaan kronis. Bawang putih membantu kesehatan pencernaan dengan meningkatkan produksi cairan yang membantu pencernaan jadi lebih lancar dan mengurangi peradangan pada lambung. Dengan cara dipanggang, bawang putih akan terasa lebih ringan dan lebih mudah dicerna.

4. Menjaga kekebalan tubuh

Bawang putih dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berkat sifat antibakteri yang dimiliki, bawang putih dapat memperkuat dan membantu tubuh melawan penyakit yang disebabkan bakteri.

**ass

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles