Akibat Covid-19, Pembangunan di Desa Ciderum Dilaksanakan Tahun 2021

0
123

Caringin | Jurnal Bogor

Pembangunan infrastruktur menjadi skala prioritas pelaksanaan kegiatan tahun anggaran 2021 di Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Hal itu diungkapkan anggota Ketua LPM Desa Ciderum, Didin Saepudin saat kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Ciderum di aula kantor desa, Kamis (1/10).

Dijelaskan Ketua LPM Desa Ciderum, Didin Saepudin, untuk pelaksanaan program kerja Pemerintahan Desa Ciderum tahun 2021, lebih kepada pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan jalan lingkungan (Jaling) dan Tembok Penahan Tanah (TPT) serta drainase. “Ada tujuh jalan lingkungan yang dilakukan pengaspalan, TPT satu unit dan drainase dua unit,” ujarnya kepada wartawan.

Selain itu, program pemberdayaan masyarakat masuk kedalam kegiatan tahun depan, mulai dari pelaksanaan pelatihan kader Posyandu, RT dan RW. Saat ini, kata Ketua LPM yang biasa dipanggil Unuy, masih banyaknya kondisi rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Desa Ciderum, menjadi skala prioritas pemerintah desa untuk menuntaskannya.

 “Ada 250 Rutilahu yang diusulkan pemerintah desa. Mudah-mudahan, desa kami mendapatkan bantuan untuk  Rutilahu lebih banyak lagi setiap tahunnya,” ungkap pria yang juga aktif di salah satu partai politik.

Unuy mengungkapkan, program pembangunan di tahun 2021, lebih didominasi usulan program pembangunan tahun 2020. Sebab, program tahun 2020 banyak yang tidak terlaksana. “Karena semua anggaran dialokasikan untuk penanganan Covid-19. Jadi banyak program pembangunan yang ditunda,” jelasnya.

Sementara, Sekretaris Desa Ciderum, Samsi Rizal mengatakan, tahun 2020 dari jumlah usulan program pembangunan sebanyak sebelas titik kegiatan yang tersebar di sebelas Rukun Warga (RW), semua dilaksanakan di tahun 2021.

 “Ada juga usulan murni di tahun anggaran 2021, yakni pengadaan tempat pembuangan sampah (TPS) dan pembangunan sarana air bersih (SAB) yang keduanya berada di RW 09,” imbuhnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here