Desa Cinagara Akan Buka Wisata Alam

0
225

Caringin | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor tidak akan lama lagi akan launching tempat wisata Curug Cikaracak. Lokasi curug tersebut, ada dibawah kaki Gunung Gede Pangrango. Tempat itu dibahas dalam Musrembangdes, Rabu (30/9) di kantor desa yang dihadiri oleh Babimas, Babinsa, warga dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Caringin.

Jika tempat wisata curug sudah terealisasi, kata Kades Cinagara Burhanudin, tentunya kedepan akan menambah perekonomian warga dalam hal tenaga kerja, dan secara tidak langsung akan menambah Pendapatan Asli Desa (PAD).

Burhanudin menjelaskan, wacana wisata alam itu akan dibuka secapatnya. Oleh karena itu, salah satunya akses jalan menuju lokasi harus segera dibenahi hingga ke tempat tujuan. “Pengerjaan awal tentunya akan diprioritaskan adalah pengaspalan jalan menuju wisata alam Curug Cikaracak,” paparnya.

Karena lokasi wisata ada di lahan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) maka pihak desa beserta warga sudah memberitahukan terkait rencana akan dibukanya wisata tersebut. “Alhamdulillah untuk rencana akan dibukanya wisata alam, pihak TNGGP merespon dengan baik, ” jelasnya.

Selain itu dalam pembahasan kedua, karena warga baru sebagian memakai sarana air bersih untuk MCK yang bersumber dari mata air pegunungan, tentunya kedepan sarana air bersih tersebut akan ditata lagi supaya bisa mengalir ke warga yang membutuhkan.

“Sarana air bersih makanya kami bahas di MusrembangDes tahun 2020, agar  semua warga mengetahui program kerja untuk tahun 2021,” ungkapnya.

Dalam pembahasan terakhir jelas Kades, tentunya sangat penting juga mengenai pembuatan bank sampah, karena setiap hari sebagian produksi sampah terbesar adalah dari sampah rumah tangga. Namun belum ada pengelolaannya. “Jadi ini juga kedepan Pemdes akan mengadakan untuk tempat pembuangan sampah secara terpisah, yakni sampah organik dan anorganik,” pungkasnya.

** Deny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here