Jembatan Penghubung Bakal Masuk Dalam Usulan 2021

0
206
Warga terpaksa menyebrang sungai karena tak ada jembatan.

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Kepala UPT Jalan dan Jembatan wilayah VI Cigudeg  Punti Minesa merespon positif keinginan warga Desa Nanggung dan Desa Pangkaljaya, Kecamatan Nanggung mengenai jembatan penghubung antara dua desa tersebut. Jembatan tersebut masih ada kemungkinan dibangun dan masuk pada usulan tahun 2021.

“Ada kemungkinan diusulan 2021, memang sekarang belum jelas karena konsentrasi pemerintah masih ke penanganan Covid -19,” ujar Punti melalui sambungan teleponnya.

Menurutnya, soal jembatan  penghubung waktu itu memang sudah diusulkan, karena prioritasnya sekarang lagi fokus diperbaikan pasca bencana. “Jembatan yang sudah ada difokuskan untuk  perbaikan pasca bencana, tapi tetap ada peluang untuk pembangunan baru,” tuturnya. “Nanti akhir tahun di perubahan anggaran coba kita cek lagi ada apa engganya, cuman kalau kemaren sih sudah diusulkan,” ucapnya.

“Sebenarnya program bangunan jembatan tersebut sudah masuk, usulannya pas sempet liat ada tuh, berarti kalau gitu masuk lagi diusulan tahun depan cuman harus ada review Detail Engineering Design (DED).  Memang dulu pernah didesain, tapi udah lama banget  lebih dari 3 tahun, jadi harus didesain ulang,” ungkapnya.

Ihwal kondisi lokasi yang akan dijadikan pembangunan jembatan, menurut Punti  takut ada perubahan  karena kondisi sekarang lebar sungainya dan jalannya juga baru. “Takutnya kalau menggunakan data yang lama gak sesuai lagi dengan kondisi sekarang,” ungkapnya.

Kepala Desa Nanggung, Muhamad Sodik berharap pembangunan jembatan dilakukan. Jembatan itu untuk meningkatkan perekonomian pasar Nanggung.  “Harapan besar warga ingin adanya jembatan penghubung itu sudah sejak lama. Warga terlalu lama menunggu ingin adanya jembatan penghubung dua desa itu,” imbuhnya.

Sebelumnya  ketua BPD Desa Pangkaljaya Ida Royani mengatakan bahwa warga dua desa sudah lama menunggu ingin segera adanya pembangun jembatan tersebut. Namun jembatan yang dijanjikan akan segera dibangun ketika itu, saat ini tidak kunjung terwujud.

Padahal, kata Ida sejumlah warga telah menghibahkan tanah untuk dijadikan akses jalan menuju  lokasi yang akan dibuatnya jembatan tersebut. ” Warga sudah menghibahkan tanahnya, berikut aksesnya jalannya sudah lama dibuka dan sudah kerjakan pengerasan,  tinggal kesiapan pemerintah   kapan rencananya pembangunan jembatan itu  dimulai,” kata Ida.  Arip Ekon

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here