Kementan Suguhkan Kawasan Agro Eduwisata di BBPP Batu

0
269

Malang | Jurnal Inspirasi

Kawasan Kota Wisata Batu di Malang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata Jawa Timur yang banyak disukai kalangan penikmat perjalanan. Kota Batu dikelilingi oleh setidaknya delapan gunung. Selain itu, kota ini juga terletak di kaki dan lereng gunung dengan ketinggian sekitar 700 hingga 1700 mdpl. Maka tak heran kalau kota Batu ini memiliki nuansa yang sejuk. Kota Batu kerap dijuluki Lembang yang ada di Bandung. Karena memang memiliki kondisi alam yang mirip. Itulah sebab kawasan wisata Kota Batu Malang ini banyak disukai kalangan penikmat perjalanan sebagai salah satu tempat berlibur favorit di Jawa Timur.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia di bawah kepemimpinan Sahrul Yasin Limpo, berkomitmen menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi menciptakan berbagai peluang bisnis berbasis agro, tidak kurang 100 Agro Edu Wisata diharapkan dapat dibangun ditahun 2020. Agro Edu Wisata menjadi penting, diantaranya sebagai alternatif upaya diversifikasi atau pemulihan perekonomian dampak covid-19, sebagai proses pembelajaran dan penumbuhan kecintaan terhadap sektor pertanian, dapat dikembangkan oleh siapapun dengan mengedepankan setiap budi daya baik tanaman hortikultura, perkebunan, tanaman pangan, hingga peternakan, dan perikanan.

Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu Dr. Wasis Sarjono, S.Pt, M.Si, ketika dikonfirmasi terkait denganagenda Kementan akan dibangunnya kawasan Agro Edu Wisata mengatakan, banyaknya pilihan destinasi wisata kota Batu Malang yang dapat dijadikan referensi untuk berliburan sekaligus sebagai sarana pembelajaran terutama disektor peternakan.

BBPP Batu, sebagai Unit Pelaksana Teknis di bawah BPPSDMP Kementan RI, BBPP Batu banyak potensi yang dapat menopang kegiatan Agro Edu Wisata, seperti kambing perah (Saanen), sapi perah Peranakan Fries Holand, ayam KUB, sapi potong, belum lagi bukit yang pada awalnya semak belukar disulap, dengan ditanamai macam-macam buah-buahan seperti, anggur, kelengkeng, pisang cavendish, termasuk pakan hijauan ternak seperti endigovera, odot, rumput pakchong. Itu semua kedepan dapat dijadikan sarana wisata sekaligus pembelajaran terutama anak-anak sekolah untuk dapat mencintai dunia pertanian.

Disamping itu BBPP Batu terletak di lembah Gunung Banyak, suguhan dengan nuansa alam yang begitu sejuk dan asri. Sementara rute perjalanan bila dari Kota Malang, jarak menuju BBPP Batu ini sekitar 15 km. Dapat ditempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Sementara dari Surabaya, maka jarak perjalanan ke Batu Malang akan ditempuh sekitar 100 km dan menghabiskan waktu sekitar 2 jam.

Bila dari Kediri, untuk menuju BBPP Batu, bisa melalui kota Pare. Lebihlanjut Wasis mengatakan beternak tidak harus dengan modal yang besar dan juga tidak harus dengan skala yang besar beternak ayam, kelinci, kambing atau sapi dapat dimulai dari beberapa ekor, dengan kesabaran dan hobi, ternak itu bisa berkembang menjadi puluhan hingga ratusan ekor yang penting sekarang bagaimana menumbuhkan minat masyarakat untuk mencintai dunia pertanian.

T2S/Wan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here