Infrastruktur Paling Banyak Diusulkan di Musrenbang Desa Pangkaljaya

0
100

Nanggung | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Desa Pangkaljaya, Kecamatan Nanggung menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun anggaran 2021 di balai desa, Kamis (24/9). Dalam kegiatan tersebut, bidang infrastruktur yang terbanyak diusulkan oleh warga.

Kepala Desa Pangkaljaya Taupik Sumarna mengatakan, sebelum digelar Musrenbang tingkat desa pihaknya lebih dahulu menyelenggarakan kegiatan serupa di tingkat dusun. “Sejumlah wilayah RT sebagian besar memang mengusulkan adanya perbaikan infrastruktur seperti jalan, dan fasilitas lainnya,” kata Taupik kepada wartawan.

Menurutnya, penggunaan Dana Desa (DD) untuk tahun 2021 telah ditetapkan posnya pada infrastruktur dan pemberdayaan staf desa. “Untuk skala prioritas sesuai dengan Musdus masih infrastruktur dan untuk desanya kami pertimbangkan dan disesuaikan dengan prioritas DD nya dari Kementerian Desa,” kata dia.

Topik menambahkan, Peraturan dari Undang Undang Kementrian Desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa bahwa, desa berhak mendapatkan anggaran dari Pemerintah Pusat sesuai usulan. “Saat ini kami tetap acuannya dari Kemendes untuk 2021 dan, sekarang belum ada peraturan yang mengikat,” imbuhnya.

Topik berharap, untuk anggaran yang akan diberikan ke masyarakat tidak melulu diambil dari DD, akan tetapi bisa juga dari bantuan yang sudah dilayangkan proposalnya,” ungkapnya.

“Anggaran yang sekarang saja Rp 1.600.000.000,- kami berharap anggarannya akan naik juga karena, Desa Pangkal Jaya ini masih banyak PR dan untuk bantuan yang lain juga kami harap cepat terealisasi dari proposal yang sudah kami layangkan semoga di tahun 2021 bisa terjawab,” tukasnya.

Hadir dalam acara Musrenbang, para ketua RT, RW, Kader PKK, tokoh agama dan masyarakat.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here