Hujan Lebat dan Es Guyur Kemang

0
63

Kemamg  | Jurnal Inspirasi

Hujan lebat dan angin kencang yang disertai butiran es terjadi di Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Rabu (23/10). Sejumlah warga membenarkan telah terjadinya fenomena alam itu di wilayahnya yang berlangsung sekitar 40 menit. Es yang jatuh dari langit berbentuk butiran seukuran kelereng kecil.

“Tadi hujannya tiba-tiba turun dengan intensitas lebat disertai angin kencang dan butiran es seukuran kelereng kecil, saya kaget dan angin kencang terdengar menggemuruh, saya masuk kedalam dan berkumpul dengan keluarga sembari berdoa supaya tidak terjadi apa-apa,” ujar Anto, warga Desa Kemang kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Di tempat terpisah, Andi Sukatma, warga Desa Parakan Jaya menuturkan, awalnya langit terlihat gelap dari arah Kota Bogor mengarah ke wilayah Kabupaten Bogor, sekitar pukul 17.05 WIB, hujan deras mengguyur wilayah Kemang, saat hujan deras mengguyur selain disertai butiran es, juga diikuti kilatan petir dan gemuruh serta angin kencang.

“Saya sempat kaget juga ada hujan es, begitu juga para tetangga karena belum pernah terjadi di kampung kami, alhamdulillah tidak ada musibah di wilayah kami,” tutur Andi.

Ajid (34), warga lainnya di Kampung Pabuaran,  Desa Pabuaran, Kecamatan Kemang, awalnya mengira bagian genting rumahnya ada yang bocor karena tiba-tiba diguyur hujan deras. Dirinya mengira genting bocor karena mendengar terus-terusan ada suara benda jatuh di atas genting. Setelah mengecek keluar rumah ternyata hujan es,” kata Ajid.

Ajid  menambahkan, awalnya cuaca cerah dan terasa panas, lalu tiba-tiba langit gelap. Tidak berlangsung lama, hujan mengguyur dengan deras disertai petir dan angin kencang.” Ada sekitar 40 menit hujannya deras, aliran listrik juga mati,” ujar Ajid.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here