Me-Time Bisa Hilangkan Cemas

0
155

Jakarta | Jurnal Inspirasi

Psikolog klinis Tara de Thouars, BA MPsi mengungkapkan pentingnya me time bagi perempuan yang menjalani multiperan. Dengan me time, perempuan akan memiliki waktu untuk diri sendiri agar bisa merasa lebih rileks, bebas dari tuntutan, hingga merasa kembali berenergi dan segar. “Kalau bisa disempatkan waktu untuk melakukan me time,” ujar Tara dikutip dari RMOL, Selasa (22/9).

Tara mengatakan apa yang dilakukan Nana saat me time memang terbukti secara ilmiah dapat membantu seseorang untuk kembali bersemangat. Saat seseorang merasa kewalahan atau berpikir terlalu banyak misalnya, otak akan mengeluarkan hormon stres.

Hormon ini dapat membuat tubuh menjadi tegang, khususnya di bagian kepala dan leher. Pijatan yang tepat di sekitar belakang leher dan kulit kepala dapat memberikan efek relaksasi. Studi dalam The Journal of Physical Therapy Science pada 2016 juga menunjukkan bahwa pijatan di kepala mampu mengurangi hormon stres hingga 40 persen.

“Teknik pijatan yang tepat akan mengurangi beban berlebih yang berada di leher atau kepala ketika seseorang terlalu lelah menjalankan beberapa kegiatan sekaligus,” tambah Tara.

Mencium wewangian juga dapat membantu seseorang merasa lebih baik. Wewangian yang menenangkan seperti aromaterapi dapat membangunkan indera penciuman dan membuat suasana hati terasa lebih baik. “Kalau mencium sesuatu yang enak membuat mood kita jauh lebih positif,” tukas Tara.

Tara menambahkan, seseorang yang merasa stres seringkali tidak mau melakukan apa-apa, termasuk merawat diri. Padahal, self-care atau merawat diri juga dapat membantu mengembalikan suasana hati atau mood menjadi lebih baik.

Merawat diri akan memunculkan perasaan yang positif sehingga dapat membuat suasana hati menjadi baik. Selain itu, merawat diri juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. “Memperhatikan dan merawat tubuh kita itu salah satu cara untuk mengembalikan mood kita,” jelas Tara.

Di masa pandemi Covid-19, banyak ibu yang juga harus dihadapkan dengan berbagai tugas di rumah. Misalnya, bekerja dari rumah sebagai seorang karyawan, mengurus rumah, sekaligus mendampingi anak-anak mereka bersekolah dari rumah. “Ini memang challenging,” ungkap psikolog klinis dari Jakarta Eye Center Ine Indriani MPsi saat dihubungi Republika.

Banyaknya tugas yang harus dilakukan dalam satu waktu dapat membuat ibu merasa sangat kewalahan. Kondisi ini dapat memicu ibu mudah marah. “Dan akhirnya anak yang sering kena marah,” tambah Ine.

Di tengah banyaknya peran ini, ibu juga perlu memiliki kemampuan untuk meregulasi emosi dengan baik. Hal yang pertama bisa dilakukan adalah berbagi cerita dan saran dengan ibu lainnya yang juga berada di posisi serupa.

Ketika merasa emosi, coba untuk berpindah ruangan terlebih dahulu dan melakukan latihan pernapasan. Caranya adalah dengan menarik dan membuang napas yang dalam sebanyak lima sampai enam kali. Ine mengatakan cara ini dapat menjadi pertolongan pertama untuk meregulasi emosi.

Ine juga mengingatkan para ibu untuk tidak melupakan me time. Para ibu yang harus bergulat dengan berbagai peran di tengah pandemi ini tetap memerlukan me time agar bisa merasa lebih baik. “Jangan lupa untuk ibunya me time,” ujar Ine.

Yang tak kalah penting, tambah Ine, adalah bekerja sama dan berbagi tugas dengan orang-orang yang ada di rumah bila memungkinkan. Salah satunya adalah berbagi tugas dengan suami yang mungkin juga melakukan bekerja dari rumah. “(Bekerja sama) bagaimana supaya berbagi tugas sama suami,” jelas Ine.

Saat pandemi Covid 19 seperti sekarang ini, berada di rumah saja adalah pilihan yang terbaik. Bagaimana jika Anda ingin /me-time/? Tenang, ini pun sebenarnya dapat dilakukan di rumah saja. Terpenting adalah memilih waktu yang pas ketika pekerjaan di rumah sudah lumayan terkendali dan pekerjaan kantor terbilang tuntas. Jadi, pikiran Anda bisa sepenuhnya terfokus untuk menyenangkan diri sendiri. Apa saja ide menarik untuk me-time walau di rumah saja, berikut di antaranya:

  • Menonton film favorit

Pilihlah film-film yang sudah lama Anda tunda untuk menontonya. Bila tidak ada, cobalah untuk berselancar mencari film menarik yang saat ini banyak digandrungi. Drama Korea bisa menjadi alternatif yang menyenangkan.

  • Mencoba resep baru

Coba cari resep masakan yang simpel dan mudah dibuat. Bila sekali saja berhasil melakukan ini, dijamin Anda pasti akan ketagihan untuk mencoba resep yang lain.

  • Merawat diri

Tidak perlu pergi ke salon untuk merawat diri. Cobalah untuk mencari ide menarik perawatan diri –dari ujung kaki hingga ujung rambut- yang dapat dilakukan di rumah. Bahan-bahan atau produk perawatan yang dibutuhkan bisa dicari di aneka toko daring dengan harga terjangkau. Biasanya merawat diri di rumah jauh lebih ekonomis dibandingkan harus berlama-lama di salon.

  • Berlatih menulis

Anda diam-diam sebenarnya gemar menulis namun jarang punya waktu untuk melakukan ini. Nah, inilah saatnya yang tepat untuk menggali bakat terpendam Anda yang lain. Cobalah untuk mencari inspirasi tulisan terlebih dahulu dan buatlah kerangka tulisan. Bila tekun berlatih dan mencoba, menjadi penulis andal sepertinya bukan lagi sekadar impian.

  • Melukis

Bila Anda merasa tidak jago melukis namun sebenarnya menyukai dunia ini, tidak ada salahnya mencoba. Langkah pertama, belilah peralatan melukis yang sederhana dan harganya terjangkau. Ketika goresan pertama hingga lukisan perdana Anda tuntas, siapkan kanvas berikut untuk menjadi wadah inspirasi brilian Anda.

**ass

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here