PNJ Berdayakan Warga Kp. Pasir Maung Budidaya Aquaponik

0
102

Bogor | Jurnal Inspirasi

Sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat yang merupakan lanjutan dari pengabdian masyarakat tahun 2019 lalu, Dosen dan mahasiswa Jurusan Program Studi 3 Akuntasi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) memberdayakan warga Desa Cijayanti Kp. Pasir Maung, Babakan Madang Kabupaten Bogor dengan tema “Kemandirian Masyarakat dalam Menghadapi Dampak Covid-19 Melalui Budidaya Aquaponik”, Selasa (1/9/2020).

“Tahun ini kita berikan pembinaan dan pelatihan untuk pengembangan sekaligus evaluasi pembudidayaan ikan lele jenis sangkuriang, yang mana sebelumnya diberikan pelatihan metode menggunakan terpal namun kali ini diberikan pelatihan dengan cara Aquaponik menggunakan ember,”  ujar Ridwan Zulpi  Agha, SE., M.Ak Kepala Program Studi D3 Akuntansi PNJ, kepada Jurnal Bogor.

“Setidaknya dengan memberikan pelatihan dan pembinaan bagaimana cara membudidaya lele dengan metode ember ini diharapkan warga dapat memahaminya dan kedepan hasilnya nanti bisa dikonsumsi sendiri ataupun memang untuk dijual sehingga dapat keuntungan yang bisa mendongkrak perekonomian warga yang sedang terpuruk akibat pandemi,” sambunganya.

Sementara itu, dilokasi yang sama Susi Djalal Narasumber dalam kegiatan kali ini menambahkan, materi yang disampaikannya merupakan teknik dasar bagaimana cara budidaya lele sangkuriang yang benar, dan dirinya berharap warga yang mengikuti kegiatan ini saat pulang ke rumah dapat memahami materi yang disampaikannya.

“Materi yang saya sampaikan sebagian besar berupa dasar cara mengelola pembudiyaan ikan ini, dari mulai pemilihan benih hingga perawatan yang hasilnya dapat dinikmati bersama, karena saya rasa warga yang hadir dapat secara mudah memahaminya dengan menerapkannya dikemudian hari,” ucap Susi yang juga ketua DPC PETANI (Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia).

Handy Mehonk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here