Musrenbang Cibanteng Dipenuhi Usulan Warga

0
40

Ciampea l Jurnal Inspirasi

Pemerintah Desa Cibanteng Kecamatan Ciampea, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun anggaran 2021 di aula desa, Senin (21/9). Musrenbang 2021 untuk menjaring aspirasi itu paling banyak didominasi usulan infrastruktur, penanganan Covid-19, dan pengembangan UMKM

Musrenbang tingkat desa itu dihadiri RT/ RW dan BPD yang dibatasi dengan menerapkan protokol kesehatan. “Berbagai usulan yakni penanganan Covid-19, seperti pengandaan alat dan bahan untuk pembuatan cairan disinfektan, pengadaan rapid dan swab massal dan penyuluhan penyakit menular.” ujar Kepala Desa Cibanteng, Warso, Senin (21/9).

Untuk infrastrukturnya yakni pembangunan jalan setapak, TPT, dan pemasangan PJU. Sedangkan bidang  pemberdayaan yakni pelatihan budidaya ikan air tawar dan pelatihan pengembangan UMKM. “Di tengah Covid-19, pemerintah bakal memberikan bantuan kepada para pelaku UMKM. Ketika batuan dari pemerintah cair, dikhawatirkan  mereka tidak mengerti cara mengembangkan usahanya. Maka itu, pemdes mengusulkan adanya pelatihan UMKM,” ungkapnya.

Tak bidang pemberdayaan, sambung Warso, ada juga usulan peningkatan gedung SDN. Ada tiga SDN yang mengusulkan agar sekolahnya dibangun dua lantai. Sebab, dengan jumlah siswa yang banyak tidak bisa menampung semua siswa dan harus belajar dengan cara bergantian.

“Setiap usulan kita rangkum dan dicatat. Nantinya dipilah mana yang bisa dibiayai oleh desa, mana yang lewat anggran kabupaten. Intinya, kita berharap dengan adanya Musrenbang semua aspirasi masyarakat bisa tercover,” tandasnya.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here