Sering Dilanda Banjir, Pemdes Kalong 2 Bangun TPT

0
202

Leuwisadeng l Jurnal Inspirasi

Pemerintah Desa Kalong 2, Kecamatan Leuwisadeng, membangun Tembok Penahan Tebingan (TPT)  di Kampung Kalong Jalan. Upaya ini untuk mencegah banjir musiman yang diakibatkan meluapnya kali Cipicung dan kali Cicaung.

Pjs Kepala Desa Kalong 2, Engkos Kosasih mengatakan, pembangunan TPT di wilayah RT 03, 04 dan RT 05 di lingkungan RW 01 merupakan kebutuhan yang urgen. “Kami bangun TPT diawali dengan doa bersama bahwa pembangunan TPT tersebut telah mulai,” ujar Engkos kepada Jurnal Bogor, Senin (27/7).

Selain itu kata Kades, sejumlah masyarakat yang tinggal tidak jauh dengan bantaran kali meminta segera dibuatkan TPT. Sebab, kali Cipicung dan kali Cicaung  meluap ke pemukiman warga ketika hujan turun. “Kalau hujan turun saluran air meluap dan menggenangi rumah-rumah warga setinggi lutut orang dewasa, ” ujarnya.

Engkos menambahkan,  pembangunan TPT sepanjang 200 meter dan tinggi 3 meter bersumber dari DD tahap dua. Untuk pembangunan TPT, melibatkan warga sekitar agar warga merasa memiliki dan timbul rasa kebersamaan.

Engkos kosasih yang juga sebagai kasi Ekbang di Kecamatan Leuwisadeng menuturkan, pembangunan TPT ditargetkan selesai selama 25 hari. “Mudah mudahan ketika rampung dibangun sejumlah warga sekitar tidak terkena banjir lagi,” katanya.

Sementara itu, Plt Camat Leuwisadeng Hendarsah mengatakan, meski jabatan Pjs kepala desa sifatnya sementara, tetapi selama menjabat harus meninggalkan kesan dan pesan yang baik di masyarakat dan ini yang dilakukan Engkos Kosasih.

Ia juga berharap apa yang menjadi program desa bisa berjalan dengan baik, termasuk pembangunan TPT. “Saya juga berpesan agar setiap pembangunan yang dikerjakan Pemdes bersama masyarakat tetap memperhatikan kualitas bangunan,” katanya.

Terpisah, warga sekitar yang rumah tinggalnya tidak jauh dengan bantaran kali, Emah (50) mengaku senang ketika TPT ini dibangun. Dia merasakan ketika hujan lebat turun, bersama keluarga memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman. “Kalau udah ada TPT ini kita aman, tidak lagi khawatir banjir akibat kali meluap, ” tandasnya.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here