Pemdes Tegal Waru Kumpulkan RT dan RW

0
121

Ciampea  | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Desa Tegal Waru mengumpulkan 39 RT dan 6 RW di di Pendopo Jasun, Desa Tegal Waru, Kecamatan Ciampea untuk diberikan pemahaman dan penekanan soal transparansi bantuan dampak Covid-19 yang turun ke desa.

Kepala Desa Tegal Waru Nunung Nuriah  mengatakan, selain perihal tersebut upaya ini agar ada pertanggungjawaban laporan pemberian bantuan.

Menurut Nunung, di Desa Tegal Waru bantuan untuk dampak Covid-19 ada 7 sumber yakni PKH, BPNT BNI dan Mandiri,  BLT Desa, Bansos Bupati-Banprov dan Banpres.

“Dari total bantuan 7 sumber  dengan jumlah 3.973 Kepala Keluarga (KK) yang mendapatkan bantuan, untuk dampak Covid-19 itu 2.889 KK sisanya sekitar seribu lebih nanti akan dibantu dengan BLT Dana Desa ,” kata Nunung kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Lebih lanjut ia pun sekali lagi menekankan kepada RT dan RW untuk membagikan sesuai mekanisme yang ada dan mensosialisasikan kepada masyarakat setiap bantuan yang turun ke desa.

“Jadi dalam pembagian untuk dampak Covid-19 perlu adanya transparansi dan pertanggungjawaban laporan dari para ketua RT dan perlu diketahui masyarakat jika memang dari hasil Musdes ada hal yang lain, seperti ada pembagian yang harus dibagi rata itu pun harus ada musyawarah dengan para penerima agar tidak terjadi gejolak di masyarakat,” kata Nunung.

Sementara Ketua Paguyuban RT Desa  Tegal Waru Junaedi mengatakan, mekanisme bantuan  selama Covid-19 tidak ada masalah karena selalu diadakan koordinasi.

“Kita selalu kumpulan dengan masyarakat yang jadi KPM untuk koordinasi dengan para RT dan bersepakat sebelum kita menerima bantuan kita mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak terjadi tumpang tindih dan itu semua sudah kesempakatan masyarakat hasil musyawarah bersama,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here