Muspika Ciampea Sosialisasi Persiapan Pilkades

0
169

Ciampea | Jurnal Inspirasi

Jelang dimulainya tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades), Muspika Kecamatan Ciampea mensosialisasikan Pilkades dan menginstruksikan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) membentuk panitia Pilkades.

Camat Ciampea, Chaerudin Felani mengatakan, untuk Kecamatan Ciampea yang bakal menggelar Pilkades yakni Desa Benteng, Ciampea dan Cibadak. Menindaklanjuti surat edaran Bupati Bogor tentang pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2020, Muspika Kecamatan Ciampea mensosialisasikan ketiga desa tersebut dan mengintrusikan kepada BPD untuk segera membentuk panitia Pilkades.

“Di Pilkades sekarang, TPS tidak lagi terpusat tetapi tersebar. Minimal satu desa ada tiga TPS dan disesuaikan dengan hak pilih, ” ujar Chaerudin Felani, kepada wartawan, kemarin.

Untuk panitia inti Pilkades nanti, sambung Camat,  ada sembilan orang. Nantinya ada juga panitia tambahan yang disebut KPPS. Petugas KPPS tersebut nantinya bertugas di masing-masing TPS. “Setelah dibentuk panitia Pilkades di tingkat desa lalu dilantik dan disahkan oleh BPD yang dihadiri oleh Camat,” kata dia.

Tahapan selanjutnya, masih kata Camat yakni menyusun tahapan dan anggaran yang dibutuhkan sesuai dengan pagu yang sudah ditetapkan oleh Pemkab. Diperkirakan pada 15 Agustus, sudah mulai pendaftaran bakal calon kepala desa.

“Perbedaan Pilkades sekarang yakni TPS-nya tersebar tidak lagi terpusat dan mengendepankan protokol kesehatan,” katanya.

Untuk anggaran Pilkades ada kenaikan dari sebelumnya per-KK sebesar15 ribu sekarang menjadi Rp 20 ribu. KarenaTPS nya tersebar, pihaknya juga bakal memperketat pengamanan di setiap TPS. Selain dari Muspika Kecamatan, ada juga BKO dari Polres Bogor. “Kita berharap Pilkades di tiga desa berjalan lancar dan aman,” tukasnya.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here