29.4 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

M. Altakih, Penderita Hedrosefalus Butuhkan Bantuan

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Muhamad Altakih (7 bulan), bayi laki-laki asal Kampung Pasirgintung RT 01 RW 04, Desa Batutulis, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor menderita penyakit hidrosefalus atau penumpukan cairan di rongga otak sejak lahir. Namun kondisi sekarang terlihat semakin parah, orang tua bayi belum bisa membawa anaknya berobat karena keterbatasan biaya.

Anak ketiga pasangan Cecep Sukaezi dan Siti Aisyah itu sangat memprihatinkan. Penyakit sang buah hati diketahui sejak berumuran 2 bulan.” Waktu  usia masih didalam kandungan hingga lahir waktu itu kedaannya biasa saja, tidak ada gejala atau tanda- tanda kalau M.Altakih menderita penyakit hedrosefalus,” ujar Ibu Kandung M. Altakih  Aisyah, kepada Jurnal Bogor, Minggu (26/7).

“Dari  umur 2 bulan M Altakih terbaring sakit karena menderita pembesaran di bagian kepala,” kata Aisyah dengan nada sedih. Untuk memastikan penyakit yang diderita sang anak, kata Aisyah, pernah mencoba membawa M.Altikah ke Puskesmas Nanggung, Namun belum bisa dirujuk ke rumah sakit lain lantaran ketiadaan kartu BPJS. ” Kartu BPJS sedang diurus dari bulan Maret,  tetapi hingga sekarang belum juga beres,”  keluhnya. 

Menurutnya, semenjak pandemi Covid-19 pada Maret sang suami yang berpropesi sebagai sopir angkot 02, Bubulak Sukasari pendapatan usahanya tak menentu. “Bukannya tidak mau membawa berobat anak ke rumah sakit, tahu sendiri kondisi sekarang ini pendapatan sebagai sopir angkot dalam sehari hanya mendapat 30 atau 50 ribu saja,” kata dia.

Informasinya, ucap Aisyah, untuk penyembuhan M.Altakih  harus dibawa ke rumah sakit di Jakarta. “Karena itu kami  berharap kepada pemerintah  untuk membantu biaya pengobatan penyakit anak saja,” ucapnya.

Sementara, Kepala Desa Batutulis Ade Supriatna melalui selulernya, menyatakan pihaknya sudah beberapakali membantu dan berkunjung kerumah warganya yang merupakan penderita penyakit hedrosefalus. ” Sudah beberapa kali kami datang termasuk mengantarkan bantuan dari bansos berupa paket sembako,” kata Ade.

Ade berujar, bahwa untuk menangani warganya yang terkena penyakit tersebut, kata Ade,  pihak RT maupun RW sudah berupaya membantu, tetapi masalah ini bukan hanya tanggung jawab desa saja melainkan  tanggung jawab bersama,” pungkas dia.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles