24.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Langkah Mandi yang Tepat Menurut Ahli

Bogor | Jurnal Inspirasi

Meski sederhana, namun mandi rupanya menjadi salah satu ‘garda terdepan’ perawatan kulit. Ada beberapa cara dan langkah mandi tepat yang direkomendasikan para ahli. Perawatan kulit, bagaimana pun, dimulai dari kamar mandi. Mandi merupakan aktivitas membersihkan seluruh tubuh, utamanya kulit. Berikut beberapa langkah saat mandi menurut para ahli, dikutip dari CNN, Minggu (26/7) dari laman Well and Good.

 1. Periksa suhu air

Sebagai langkah pertama, periksa suhu air untuk mandi.

Perlu diingat, mandi dengan aliran air panas bukan ide terbaik untuk menjaga kesehatan kulit. “Air panas dapat merusak kulit karena dapat melucuti kulit dari lipid dan protein esensial dan membuat kulit lebih mudah meradang,” ujar ahli dermatologi Mona Gohara. Alih-alih menggunakan air panas, gunakan air hangat untuk mandi.

2. Mencuci wajah

Langkah kedua adalah mencuci wajah yang dinilai tepat dilakukan sebelum mandi membersihkan tubuh. Gohara menyarankan untuk mencuci wajah dengan menggunakan sabun pembersih yang lembut.

3. Mencuci rambut

Pastikan untuk menjadikan cuci rambut sebagai hal kedua yang dilakukan di kamar mandi setelah mencuci wajah. Gohara menyarankan untuk menggunakan produk-produk bebas sulfat yang dapat menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Produk sampo bebas sulfat juga dapat ‘menyabuni’ tubuh sebelum Anda membersihkannya dengan sabun mandi. Sampo akan menetes ke tubuh saat Anda membilasnya. Cara ini menambahkan elemen pembersih tambahan untuk kulit Anda.

4. Bersihkan tubuh

Percaya atau tidak, Anda sebenarnya tidak perlu menyabuni tubuh dari kepala hingga ujung kaki. Gohara mengatakan, Anda hanya perlu menggosok bagian-bagian tubuh yang cenderung mengeluarkan bau seperti lubang area genitalia. Saat menggosok tubuh, Gohara menyarankan penggunaan shower puff yang dapat membantu pengelupasan kulit secara lembut saat mandi.

5. Mengeringkan kulit dengan benar

Rutinitas mandi tak hanya berhenti pada tubuh yang telah dibilas kembali dengan air. Penting juga untuk mengeringkan kulit dengan cara yang tepat. Gohara menyarankan untuk mengeringkan kulit dengan menggunakan atau jubah handuk daripada handuk konvensional. Kimono towel dapat menyerap sisa air tanpa harus menggosokkan handuk pada kulit.

6. Oleskan losion

Untuk memaksimalkan kelembapan, gunakan losion sebelum Anda meninggalkan kamar mandi. Cara ini membuat kelembapan sekitar kamar mandi dapat membantu mengunci kelembapan kulit.

ASS |*

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles