KBD Siapkan 82 Ribu Pohon

0

Siap Hijaukan Cigudeg

Cigudeg l Jurnal Inspirasi

Program Kebun Bibit Desa (KBD) yang digagas Pemerintah Desa Cigudeg dengan menyiapkan  82.000 bibit pohon  dalam upaya membudayakan kegiatan menanam di  masyarakat untuk menghijaukan kembali  wilayah Desa Cigudeg dan sekitarnya.

Kepala Desa Cigudeg Andi Supriadi, memaparkan lokasi kebun bibit desa terletak di Kampung Palawijo RT 01 RW 11 Desa Cigudeg. “Adapun bibit tersebut merupakan bantuan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL)  Citarum Ciliwung,” kata Andi  kepada Jurnal Bogor, Kamis (23/7).

Menurut Andi, awalnya sebanyak 62 ribu batang pohon antara lain jenis bibit produktif, yakni pohon durian sebanyak 2.500 batang sedangkan bibit nangka juga 2.500 batang. Ditambah bibit sirsak 5.000 batang termasuk bibit kayu trembesi sebanyak 5.000 batang. “Kalau bibit sengon atau yang biasa disebut jengjeng itu hanya 42.000 batang.

Namun, kata Andi  mendapat tambahan lagi sebanyak 20.000 batang berupa bibit mahoni. “Terhitung dengan jumlah secara keseluruhan  82.000 batang pohon,” jelasnya.

Adapun  pada program ini melibatkan 11 orang warga setempat sebagai pekerja dengan sistem Padat Karya Tunai (PKT). “Dalam setiap harinya  mereka diberi upah sebesar 100 ribu per orang,” tukasnya.

Dengan memanfaatkan lahan milik warga asal Tangerang yang sudah menitipkan ke Pemerintah Desa untuk dirawat. “Dengan luas hektaran  lahan alhamdulilah  saya beri izin untuk menggarap tanah tersebut.”

Bibit pohon ketika mulai tumbuh besar, ucap Andi,  nanti dibagikan kepada masyarakat untuk ditanam di masing-masing lahan milik masyarakat. “Kami memelihara hanya beberapa bulan saja, setelah itu kami bagikan ke masyarakat,” ucapnya.

Lanjut Andi mengatakan, rencannya bibit pohon ketika besar saya akan bagikan  di masing masing dulu sebanyak 4300 KK. “Jadi  harus kebagian  semua masing-masing,” tuturnya.

Saat ini,  tahap pembesaran ada penanggung jawab  dapat bantuan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL)  Citarum Ciliwung  perawatan termasuk gaji, alhamduilah pihak tersebut sudah peduli,” kata dia.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here