Uji Klinis Vaksin Covid-19 di Indonesia Segera Dilakukan

0
50

Jakarta | Jurnal Inspirasi

Presiden Joko Widodo menyatakan uji klinis vaksin Covid-19 di Indonesia segera dilakukan. Dalam akun media sosialnya, ia memaparkan RI akan segera melakukan  uji klinis vaksin tahap III dengan melibatkan 1.620 sukarelawan.

“Selamat pagi. Saya menerima tim uji klinis vaksin Covid-19 dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bio Farma dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Istana Merdeka, kemarin,” katanya dalam akun Instagram Jokowi dikutip Rabu (22/7).

“Hasilnya nanti akan dibandingkan dengan hasil uji klinis yang sama di berbagai negara.”

Ia berujar proses dan protokol fase uji klinis akan mendapatkan pendampingan ketat dari BPOM. Apabila dinyatakan lolos, BPOM akan mempercepat pemberian izin edarnya.

Adapun produksinya, jika uji klinis tahap ketiga berhasil, akan dilaksanakan oleh BUMN farmasi, PT Bio Farma (Persero). Ia berujar BUMN akan memproduksi vaksin dengan kapasitas 100-250 juta dosis per tahun.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir mengatakan uji vaksin Covid-19 hampir final dan siap edar di Indonesia pada awal 202I. Vaksin Covid-19 yang dimaksud adalah kandidat vaksin yang dibuat oleh Sinovac Biotech dari China bernama CoronaVac.

Vaksin ini telah tiba di Indonesia dan dibawa ke Bandung. Bio Farma akan menjalankan uji klinis fase III vaksin ini pada Agustus 2020 ke relawan dengan rentang usia antara 18-59 tahun, dengan kriteria tertentu.

ASS |*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here