Habib Bahar Dipindah Lagi ke Gunung Sindur

0
192

Gunung Sindur | Jurnal Inspirasi
Habib Bahar Bin Smith  dipindah dari Nusakambangan, Jawa Tengah ke Lapas Kelas IIA Gunung Sindur. Kepala Lembaga Pemasyarakatan Khusus Kelas IIA Gunungsindur Eri Taruna membenarkan pemindahan kembali Habib Bahar.

“Iya benar yang bersangkutan sudah pindah kembali sejak hari Kamis (9/7) pagi ke lapas khusus kelas IIA Gunungsindur dan sementara menghuni blok A selama tujuh hari kerja,” jelasnya saat dikonfirmasi, kemarin.

Eri menjelaskan, alasan Dirjen Kemenkum HAM memindahkan kembali karena setelah assessment dari pusat untuk dikembalikan ke Bogor. “Beliau berada di ruangan biasa, baru kita mutasikan ke ruangan lain, hanya sekarang masih sendiri menunggu masa peninjauan dulu,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, nantinya kedepan Habib Bahar tak ada penjagaan ketat, sama seperti tahanan yang lain dan tak ada yang dikhususkan. “Penjagaan biasa, karena lapas kita hanya buat kasus umum dan narkoba, dan bakal diperlakukan seperti napi lain,” tuturnya.

Sementara itu, Kuasa Hukum Habib Bahar Bin Smith, M Ihcwan Tuankotta membenarkan bahwa kliennya sudah pindah kembali ke lapas khusus kelas IIA Gunungsindur. “Sudah pindah dengan alasan yang tertuang di suratnya yakni dalam rangka pembinaan lanjutan saja,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Habib Bahar Smith kembali dijemput oleh kepolisian dan pihak lapas karena dinilai tidak mematuhi PSBB di wilayah Kabupaten Bogor. Bahkan, Dirjen Kemenkum HAM mencabut asimilasi tersebut, padahal sebelumnya sudah bebas bersyarat.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here