Jaga Imunitas dengan Rajin Minum Susu Kambing

0

Malang | Jurnal Inspirasi
Kambing dikenal sebagai ternak ruminansia kecil sangat populer di kalangan peternak. Ternak kambing sudah lama diusahakan sebagai usaha sampingan pemeliharaan dan pemasaran dengan hasil produksinya yang relatif mudah. Produksi yang dihasilkan dari ternak jenis ini meliputi daging, susu, kulit, bulu dan kotoran sebagai pupuk.

Belakangan animo masyarakat untuk beternak terutama kambing perah mengalami peningkatan, baik dari peternak yang baru mencoba membuka usaha, ataupun penambahan populasi dari peternak yang sudah berkembang.

Kambing Saanen menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk dikembangkan. Ini adalah jenis kambing perah yang memiliki tubuh besar. Ternak jantannya mampu tumbuh hingga bobot 90 kg, lebih besar daripada bobot betina yang bisa mencapai 60 kg. Kambing Saanen betina dapat memproduksi susu sampai 3,8 liter per hari, dengan kandungan lemak susu mencapai 2,5% – 3%.

Di tengah pandemi Covid-19 asupan makanan dan minuman yang bergizi tinggi sangat diperlukan untuk memperkuat daya tahan tubuh, salah satunya melalui konsumsi susu. Susu kambing kaya akan manfaat, hal ini sudah umum diketahui oleh masyarakat. Namun karena aroma dan rasanya yang sedikit amis, membuatnya susu kambing lebih rendah peminat jika dibandingkan dengan susu sapi.

Tapi di balik itu semua, susu kambing memiliki banyak manfaat. Kandungan vitamin di setiap tetes susu kambing sangat berharga bagi tubuh untuk tetap sehat. Selain mengandung mineral kalsium untuk tulang dan gigi, manfaat lain susu kambing adalah meningkatkan kinerja sistem imun tubuh (red-dokter sehat).

Susu kambing memiliki kandungan selenium yang merupakan komponen penting dalam memperkuat daya tahan tubuh, membuatnya berfungsi lebih baik. Hal inilah yang menyebabkan susu kambing terkenal akan khasiatnya dalam melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit serta infeksi.

Menyikapi kondisi pandemic covid-19 yang masih belum mau meninggalkan persada tercinta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi daging, susu sebagai salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh dari infeksi virus corona (Covid-19).

Sesuai dengan arah kebijakan Menteri Pertanian, Kepala Badan PPSDMP Prof. Dedi Nursyamsi, Sektor pertanian ini sangatlah penting apalagi dalam keadaan sekarang yang setiap orang harus menjaga imun tubuhnya supaya tetap kuat. Salah satu cara untuk menambah imun tubuh adalah dengan mengonsumsi makan bergizi baik dari sayuran segar, buah-buahan, susu, telur, kacang-kacangan, dsb yang merupakan penyedia vitamin dan protein untuk meningkatkan daya tahan tubuh Jadi, pertanian jalan terus dan tidak boleh berhenti.,” imbuh Dedi.

Terkait dengan arahan tersebut Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu Dr. Wasis Sarjono, S.Pt, M.Si, mengatakan secara umum susu banyak memiliki manfaat untuk pertumbuhan yaitu menyokong pertumbuhan fisik, meningkatkan kecerdasan, mampu meningkatkan imunitas tubuh sehingga meminimalisir potensi terinfeksi penyakit. Di masa pandemi Virus Covid-19, konsumsi susu menjadi penting paling tidak untuk meminimalisir potensi terinfeksi penyakit.

T2S/WH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here