29.6 C
Bogor
Wednesday, April 24, 2024

Buy now

spot_img

Akses Utama Warga di Dua Kampung Dibuka

Aspal Hotmix Membelah Bukit

Nanggung l Jurnal Inspirasi
Warga Desa Sukaluyu, Kecamatan Nanggung sudah bisa menikmati jalan mulus. Pasalnya bukit yang membatasi dua desa antara Desa Sukaluyu dengan Desa Hambaro, Kecamatan Nanggung kini dibelah dan dijadikan akses utama bagi warga yang dibermukim di wilayah itu.

Kepala Desa Sukaluyu Aos Hermawan menuturkan,  warga desa terutama warga dari Kampung Jeruk sebelumnya menempuh perjalanan jauh untuk bisa sampai ke kampung Cibentang yang berada di desa tetangga  yang jaraknya kurang lebih 6 kilometer dengan waktu tempuh kisaran hampir 1 jam perjalanan dengan melewati Desa Kalongliud.

“Nah, dengan anggaran yang sudah digelontorkan dari Dana Desa tahap pertama  tahun 2020, Gunung Taneh Beureum dibelah menjadi jalan desa yang jadi akses utama bagi warga Legok Jeruk menuju Desa Hambaro,” kata Aos kepada Jurnal Bogor, Selasa (7/7).

Aos menerangkan, pembukaan jalan desa Kampung Jeruk Cibentang dilakukan menjelang pilkades pada tahun 2013, namun mulai pengerjaannya tahun 2016 dengan menggunakan alat berat. “2019 disambung  pekerjaan Padat Karya Tunai (PKT) dengan perkerasan, yakni pemasangan bebatuan dan kemudian 2020 pertama kalinya  pembangunan pengaspalan hotmix,” jelasnya.

Awalnya, sambung Aos, akses antara Kampung Jeruk Cibentang itu jalan setapak pun tidak ada. Nmaun karena masyarakat sangat menginginkan jalan itu untuk segera dibangun akhirnya warga sekitar yang merupakan pemilik lahan berswadaya dengan menghibahkan tanahnya diperuntukan untuk pembangunan  jalan tersebut.” Warga menghibahkan, baik bangunan berupa pagar rumah berikut pepohonannya tanpa ada pembayaran sepeser pun,” terangnya.

Menurut Aos, keberadaan jalan itu sangat besar manfaatnya dan mempermudah akses pertanian terlebih bagi anak anak yang hendak berangkat ke sekolah.” Tentunya jalan itu mempermudah akses pendidikan bagi warga desa menuju sekolah MI Nurul Hidayah yang berlokasi di Kampung Sawah,” jelasnya.

Saat Jurnal Bogor menyambangi jalan tersebut, salah satu warga sekitar, mengaku senang setelah sekian lama desa ini berdiri akhirnya akses jalan di desanya bisa terwujud. “Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya pada pemerintah Desa Sukaluyu,” ucap warga.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles