Parakanmuncang Bentuk BUMDes Adhimukti Sejahtera

0
267

Nanggung l Jurnal Inspirasi
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Adhimukti Sejahtera yang berada di Desa parakanmuncang, Kecamatan Nanggung resmi dibentuk. Kepala Desa Parakanmuncang,  Mauludin mengatakan,  berdasarkan undang-undang dan peraturan yang ada, BUMDes ini telah melaksanakan persentasi dan pengesahan.

Menurutnya, melalui mekanisme musyawarah sebagai wujud melembagakan demokrasi telah mempertemukan BPD, pemerintah desa dan kelompok warga membahas isu-isu strategis salah satunya pendirian BUMDes di desanya.

Terobosan-terobosan program yang membawa perubahan mendasar di masyarakat kata dia, salah satunya pembangunan infrastruktur, jalan poros desa, jalan kampung, saluran irigasi pertanian, serta merehab kantor desa bagus dan menjadi kebanggaan. “Dengan begini jati diri Desa Parakanmuncang ada,” tutur Mauludin kepada wartawan, kemarin.

Maulidin menambahkan, BUMDes di Desa Parakanmuncang diakuinya memang baru dibentuk dan didirikan. “Memang Desa Parakanmuncang ini paling akhir membentuk BUMDes, dari 11 desa kami yang terakhir, BUMDes ini memang sangat diharapkan oleh warga kami, salah satu patokannya untuk kemajuan ekonomi kami,” ujarnya.

Mauludin menceritakan arti dari nama Adhimukti Sejahtera, dimana Adhimukti itu artinya semangat dan sejahtera itu sudah pasti, untuk kesejahteraan semua masyarakat Desa Parakanmuncang. Artinya kita bersemangat untuk membuat masyarakat sejahtera.

“Dengan logo Adimukhti Sejahtera (AS) dikelilingi padi. Padi memiliki makna semakin memasak semakin merunduk, menjadikan BUMDes AdhimuktiSejahtera ini bermangfaat bagi masyarakat Desa Parakanmuncang dan yang terakhir  lingkaran dengan gradasi warna melambangkan keberagaman persatuan,”  imbuhnya.

Mauludin pun memaparkan, untuk program kerja jangka pendek yakni E-bangking, Warungbumdes (BUMDes Mart) dan Bank Sampah. Sedangkan program jangka panjang seperti peternakan ayam petelur, penyedian air minum, agen gas elpiji, penyediaan pupuk dan pakan serta pengembangan pariwisata.

“Mudah mudahan BUMDes ini bisa berjalan dengan baik, dengan nama Adhimukti Sejahtera mudah-mudahan ketika kita sejahtera tidak menjadi sebuah kesombongan bagi kami artinya tetap menjadi manfaat bagi semua masyarakat,” pungkas dia.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here