Lukman Inisiasi Produksi Bahan Pangan

0

Cibungbulang | Jurnal Inspirasi
Semakin hari, kebutuhan pangan manusia terus meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk. Maka inisiasi untuk terus mendorong sektor-sektor produksi yang menghasilkan bahan pangan harus selalu dilakukan, jangan sampai di kemudian hari generasi penerus kesulitan mendapatkan bahan pangan.

Bahan pangan bukan hanya sebatas bahan pokok saja seperti beras, tapi juga ada sayuran yang juga dihasilkan dari perkebunan sayur serta protein, baik hewani maupun nabati yang harus selalu terjaga stoknya karena menjadi kebutuhan pangan sehari-hari manusia.

Menyikapi hal tersebut, salah satu anggota DPRD Kabupaten Bogor, Lukmanudin Ar Rasyid bersama relawannya, “SOLID” (Sobat Lukmanudin Ar Rasyid) terus melakukan aktivitas-aktivitas memanfaatkan lahan untuk ditanami berbagai jenis tanaman pangan yang bisa membantu menambah ketersediaan pangan.

“Alhamdulillah hari ini, Sabtu 26 Juni 2020 saya bersama relawan melakukan kegiatan panen perdana terong ungu di sebidang lahan yang tadinya kurang produktif menjadi lahan yang kami coba tanami dengan tanaman pangan yaitu terong ungu yang kaya akan khasiat,” kata Lukmanudin kepada Jurnal Bogor belum lama ini.

Lukmanudin mengatakan, terong ungu ini jika dikonsumsi sesuai anjuran pakar kesehatan memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi tubuh diantaranya, membantu mengurangi resiko penyakit jantung, menjaga kadar gula dalam darah, menurunkan berat badan, mencegah kanker, menjaga kadar kolesterol, menjaga kesehatan hati dan juga otak.

“Tapi jika dikonsumsi berlebihan juga ada resikonya, makanya harus dikonsumsi sesuai anjuran,” kata politisi PKB itu.

Lukman menyatakan dirinya  akan terus melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti ini dan juga menghimbau masyarakat untuk peduli dalam mempersiapkan ketahanan pangan.

“Kalau bukan kita siapa lagi? Kita akhir-akhir ini terutama di Kabupaten Bogor sudah mulai meninggalkan kegiatan bercocok tanam, lebih banyak yang tanahnya dijual untuk perumahan atau dipergunakan untuk menanam tanaman industri seperti kayu, padahal secara tidak sadar hari ini Kabupaten Bogor sudah sangat bergantung stok pangan dari daerah lain, tidak bisa dibayangkan jika daerah lain pun mengalami kesulitan stok, darimana kita datangkan komoditi pangan tersebut?,” ungkap Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Bogor ini.

Lebih lanjut ia akan terus memperjuangkan dan mendorong kebijakan Pemerintah Kabupaten Bogor agar lebih berpihak pada program ketahanan pangan menjadi cita-cita politisi yang berangkat dari Dapil IV Kabupaten Bogor.

“Saya hari ini dipercaya sebagai wakil rakyat akan terus berusaha memperjuangkan agar program PemKab Bogor diarahkan pada program ketahanan pangan dengan memanfaatkan berbagai lahan yang hari ini belum produktif dan juga membantu dalam hal penyediaan bibit serta pupuk yang baik, mudah-mudahan dengan doa dari seluruh masyarakat, kita bisa sama-sama mewujudkan program Ketahanan Pangan agar di kemudian hari, generasi penerus bangsa bisa hidup dengan limpahan stok pangan yang kita persiapkan hari ini,” tutup Lukman.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here