Hikmah Dibalik Pandemik

0
51

Di awal tahun ini bangsa-bangsa di dunia mendapat musibah yaitu menyebarnya virus Corona yang biasa yang disebut Covid19. Penyebaran virus ini begitu cepat, banyak orang yang terpapar, tercatat sudah 9 juta orang yang terpapar dan sudah 450 ribu orang lebih yang kehilangan nyawa disebabkan oleh virus ini di seluruh dunia.

Akibat dari pandemi covid-19 ini, menyebabkan diterapkannya berbagai kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di Indonesia. Pemerintah di Indonesia salah satunya dengan menerapkan himbauan kepada masyarakat agar melakukan physical distancing yaitu himbauan untuk menjaga jarak diantara masyarakat, menjauhi aktivitas dalam segala bentuk kerumunan, perkumpulan, dan menghindari adanya pertemuan yang melibatkan banyak orang. Upaya tersebut ditujukan kepada masyarakat agar dapat dilakukan untuk memutus rantai penyebaran pandemi covid-19.

Sebagai penggiat olahraga tentunya hal ini sangat berpengaruh dengan dibatasinya kegiatan-kegiatan untuk berolahraga, tempat-tempat latihan yang seperti mati suri, tidak ada kegiatan Latihan sama sekali. Hal ini berdampak langsung kepada pelaku olahraga khususnya pelatih yang hanya mengandalkan keadaan ekonominya dengan melatih.

Di balik masalah dan keluhan tersebut, ternyata juga terdapat berbagai hikmah bagi penggiat olahraga di Indonesia. Diantaranya, siswa maupun pelatih mau tidak mau harus menguasai teknologi untuk menunjang pembelajaran secara online ini.

Di era teknologi yang semakin canggih ini, pelatih maupun siswa dituntut agar memiliki kemampuan dalam bidang teknologi tentang pembelajaran. Dengan adanya kebijakan Work From Home (WFH), maka keadaan tersebut mampu memaksa dan mempercepat mereka untuk menguasai teknologi pembelajaran secara digital sebagai suatu kebutuhan bagi mereka.

Tuntutan kebutuhan tersebut, membuat mereka dapat mengetahui media online yang dapat menunjang sebagai pengganti pembelajaran di kelas atau tempat Latihan secara langsung, tanpa mengurangi kualitas materi pembelajaran dan target pencapaian dalam pembelajaran.

Kekhawatiran orang tua yang anaknya bisa terpapar apabila mengikuti kegiatan olahraga secara langsung dapat dihilangkan salah satunya dengan metode latihan dari rumah secara virtual atau online.
Akan tetapi ada bebeapa kelebihan dan kekurangan dengan melakukan kegiatan Latihan secara virtual atau online, kelebihan yang pertama yaitu pelatih atau siswa dapat berlatih tanpa harus bertemu atau bersentuhan secara langsung dengan siswa.

Kegiatan Lathan online dapat dilakukan dimana saja, bisa diruang tamu, garasa, halaman bahkan di dapur, sehingga cukup fleksibel dalam pengaplikasiannya.

Selain memiliki kelebihan metode latihan online juga memiliki kekurangan, salah satunya pelatih tidak dapat secara langsung mengkoreksi dengan melakukan kontak fisik langsung dimana hal tersebut begitu penting untuk peningkatan kualitas gerakan-gerakan yang dilakukan oleh anak didiknya.

Kemudian dengan latihan secara jarak jauh membutuhkan tentunya pelatih dan siswa memerlukan jarinagn internet yang stabil serta kuota internet yang besar. Kelemahan selanjutnya adalah tidak semua Siswa memiliki tempat atau ruangan yang layak atau besar.

Walaupun saat ini pemerintah sudah sedikit melonggarkan kebijakan tentang pembatasan sosial berskala besar akan tetapi banyak dari orang tua yang masih memiliki kekhawatiran untuk mengizinkan anaknya datang berlatih secara langsung di tempat-tempat Latihan, oleh karena itu opsi lain yang dapat digunakan yaitu latihan secara virtual atau online.

Bagi tempat-tempat Latihan yang sudah memulai kegiatan Latihan secara langsung, standar protokol kesehatan harus terpenuhi terlebih dahulu, seperti penyemprotan atau pembersihan tempat-tempat dan alat-alat latihan secara berkala, wajib menggunakan masker atau faceshilled, selanjutnya membawa hand sanitaiser masing-masing, tidak bersalaman, pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki tempat Latihan. 

Orangtua yang masih amatir tempat latihan bisa memilih opsi untuk berlatih secara virtual atau online di rumah masing-masing dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Pada akhirnya walaupun kegiatan olahraga di Indonesia ikut terdampak adanya pandemi covid-19 ini, namun dibalik semua itu terdapat hikmah dan pelajaran yang dapat diambil.

Adanya kebijakan pemerintah untuk melakukan pembelajaran jarak jauh melalui online, maka dapat memberikan manfaat yaitu meningkatkan kesadaran untuk menguasai kemajuan teknologi saat ini dan mengatasi permasalahan proses pendidikan di Indonesia.

Hikmah lainnya yang didapat dari pandemic ini adalah warga masyarkat semakin sadar akan pentingnya kerbersihan dalam kehidupan sehari-hari. Dimana sebelumnya banyak yang abai akan hal ini. Sekarang tingkat kesadaran semakin baik.

Penulis Mukhlis Ba Alwi, Mahasiswa S2 Universitas Pendidikan Indonesia Program Kepelatihan Olahraga dan Pelatih Taekwondo Pelatdan PON Jawa Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here