29.9 C
Bogor
Thursday, March 28, 2024

Buy now

spot_img

Waduh, Satu-satunya Sentra Ikan Hias di Kota Bogor Mau Digusur Pemkot

Bogor | Jurnal Inspirasi
Rumah Aspirasi Budhy Setiawan mendapat pengaduan dari paguyuban ikan hias di depo pemasaran jalan Binamarga, Baranangsiang, Kota Bogor. Budhy yang juga anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Golkar asal Dapil Jabar III, meresponnya dengan bakal memfasilitasinya dengan Pemkot. “Depo atau sentra ikan hias itu telah memberikan kontribusi PAD, sudah selayaknya Pemkot mestinya berupaya meningkatkan budidaya dan pemasarannya bukan malah sebaliknya,” ujar Budhy, Senin (22/6).

Sepengetahuannya, Kota Bogor hanya memiliki satu tempat sentra ikan hias di Jalan Binamarga, namun jika direlokasi ke Pasar Gembrong di Sukasari harus memperhatikan keinginan paguyuban ikan hias. Pasalnya, ikan hias itu telah ekspor. “Ikan hias Bogor itu dari dulu udah dikenal. Nah, kalau Pemkot peduli ini kan UMKM yang mestinya didukung bukan malah digusur,” kata dia.

Aspirasi paguyuban ikan hias itu mengeluhkan, Pemkot tak lagi mau menerima sewa tempat di depo ikan Jalan Binamarga dengan 22 kios dan Pemkot lebih memilih relokasi ke Pasar Gembrong, namun tak ada sosialisasi dan surat resmi dari Pemkot. Alasan Pemkot karena tempat itu merupakan kawasan lindung sebagai kawasan sempadan infrastruktur. Padahal sesuai Perda Nomor 8 Tahun 2011 adalah kawasan perdagangan dan jasa.

Dengan fakta seperti itu, Pemkot  dinilai Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Eka Wardhana tidak konsisten menerapkan kebijakan sehingga menjadi preseden buruk. “Tidak asal relokasi. Perlu kehati-hatian jangan ujug-ujug. Mestinya buat kajian dulu dan libatkan mastarakat. Perhatikan tempat relokasi yang baru infrastruktur dan sosialisasinya bagaimana. Masyarakat jangan dibuat kebingungan,” kata dia. Asep Saepudin Sayyev |*

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles