32.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Data Pasien Covid-19 Indonesia Bocor

Bogor | Jurnal Inspirasi
Sebanyak 230.000 data Covid-19 Indonesia ditawarkan di forum online RaidForums. Basis data pasien Covid-19 itu bocor diretas dan dijual bebas oleh para hacker melalui dark web. Akun penjual bernama Database Shopping mengaku basis data tersebut telah bocor pada 20 Mei 2020. “I sell it to the enthusiast,” tulis si penjual data Covid-19 Indonesia.

Dikutip Sindonews, Sabtu (20/6), basis data yang dijual oleh peretas terdiri dari berbagai hal. Mulai dari nama, umur, jenis kelamin, kewarganegaraan, nomor telepon, alamat tinggal, nomor identitas. Bukan hanya itu, dalam data yang dijual terdapat jenis kasus, tanggal awal risiko, keluhan sakit, hasil laboratorium, tanggal sampel, hingga hasil tes COVID-19.

Kebocoran data ini bukan yang pertama kalinya terjadi di Indonesia. Selama tahun 2020, sudah ada banyak kasus kebocoran data yang menimpa beragam industri di Tanah Air. Di forum yang sama, para peretas juga diduga menjual data akun e-commerce Tokopedia dan Bukalapak. Ada juga data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dilaporkan bocor dan dijual bebas di dark web.

ASS |**

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles