Ratusan KPM Desa Tugu Utara Terima BLT DD Tahap Dua

0
116

Cisarua | Jurnal Inspirasi
Ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, menerima dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahap II tahun anggaran 2020. Penyaluran BLT DD Tahap II yang terdampak Virus Corona itu dilaksanakan di Aula Kantor Desa Tugu Utara, Rabu (17/6).

 “Hari ini kami laksanakan pembagian BLT DD tahap II. Untuk jumlah penerima masih tetap sama seperti tahap awal, yakni 244 KPM,” ujar Kepala Desa Tugu Utara, Asep Ma’mun Nawawi kepada wartawan.

Menurutnya, di Desa Tugu Utara untuk anggaran BLT DD nilainya mencapai Rp.430 juta atau 30 persen dari dana desa yang diterima. Asep tidak menampik jika di desa nya pernah ada warga yang menerima dampak Covid19 ganda atau dobel. Namun, hal itu langsung dilakukan verifikasi ulang oleh RT dan RW di masing-masing wilayah. “Sekarang sudah selesai diverifikasi dan tidak ada lagi penerima bantuan dobel,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan, pembagian BLT DD tahap II, lanjut Asep, penerima bantuan harus mengikuti protokol kesehatan ekstra ketat pencegahan penyebaran Covid-19. “Kita terapkan saat proses penyaluran,” paparnya.

Ia menjelaskan, setiap KPM diberi jarak 1 meter atau social distancing. Mereka juga diharuskan menjalani cek suhu tubuh dan membasuh tangan dengan hand sanitizer. “Jadi saat antri, penerima BLT DD harus mengikuti protokol kesehatan,” imbuh Asep.

Sementara, Purnama, salah seorang penerima BLT DD, RT 03/02 Kampung Sampay, Desa Tugu Utara merasa terbantu dengan bantuan yang diberikan pemerintah.  “Alhamdulillah bantuan sebesar 600 ribu ini bisa kami pergunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” tukasnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here